10 Tips Cara Pompa Asi Eksklusif

No comment 2105 views

ASI EkslusifASI Eksklusif – Beberapa Ibu kesulitan dalam memberikan ASi eksklusif kepada bayinya hal ini disebabkan Pekerjaan atau memang kurangnya reproduksi susu Ibu. Ada cara yang dapat mengatasi permasalahan bagaimana cara memompa Asi yang sulit keluar.

ASI eksklusif juga dapat diperah menggunakan pompa payudara manual atau pompa listrik. Peralatan yang digunakan harus steril. Pompa ASI baik digunakan bila ASI benar-benar penuh atau terhambatnya saluran puting susu.

ASI yang diperah harus dikeluarkan sebanyak mungkin. Ada ibu yang dapat mengeluarkan sampai 2 cangkir 100 – 500 ml atau lebih walaupun setelah bayi selesai menyusu. Berikut ini Beberpa cara memerah ASI eksklusif yang baik dan benar.

Cara memerah ASI menggunakan tangan :

  1. Cuci lah tangan terlebih dahulu supaya bersih sebelum memerah ASI.
  2. Duduk dan nyaman agar Bayi tenang.
  3. Ambil sebuah cangkir atau wadah bersih dekatkan pada payudara.
  4. Letakkan ibu jari di atas puting dan areola dan jari telunjuk pada bagian bawah puting dan areola secara bersamaan dengan ibu jari dan jari lain menopang payudara ibu.
  5. Tekan ibu jari Anda dan jari telunjuk sedikit ke arah dada, jangan terlalu kuat agar tidak menyumbat aliran susu.
  6. Tekan sampai pada sinus laktiferus yaitu tempat tampungan ASI di bawah areola.
  7. Tekan dan lepas, ASI akan mengalir terutama bila refleks oksitosinnya aktif. Apabila pada ASI tidak keluar, jangan berhenti, sampai ASI keluar.
  8. Kemudian Lakukan juga pada Payudara yang satunya.
  9. Hindari mengelus jari pada kulit payudara tetapi sebaiknya seperti menggelinding.
  10. Perah ASI anda selama 3 -5 menit sampai ASI berkurang, lalu pindah ke payudara satu lagi, demikian terus secara bergantian.

Memerah dengan pompa manual dengan cara membuat tekanan sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak saluran ASI. Pompa listrik lebih efektif dalam meningkatkan hormon prolaktin ibu dan volume ASI bila dibandingkan dengan pompa manual.

Keuntungan Pompa ASI

  • Lebih hemat waktu pompa
  • Dapat dilakukan dimana saja
  • Tidak merusak serta tetap steril

Kerugian Pompa ASI

  • Kurang Efektif
  • Kurang nyaman digunakan
  • Kurang Praktis apabila dibawa

Memerah ASI bisa dilakukan dengan cara manual maupun elektronik, alangkah baiknya kita sebagai Ibu lebih Bijak dalam memilih mana yang baik bagi Bayi dan kesehatan Ibu.

 

author
No Response

Leave a reply "10 Tips Cara Pompa Asi Eksklusif"