5 Jenis Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui

No comment 1120 views

5 Jenis Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui

Makanan untuk ibu menyusui – Menyusui adalah yang wajib dilakukan untuk ibu baru karena kandungan ASI tidak ada dalam susu lainnya bahkan dalam susu formula yang termahal sekalipun. Untuk itu WHO menghimbau agar memberikan ASI ekslusif hingga usia 6 bulan kemudian bayi bisa mulai diberikan MPASI pada bulan berikutnya. Dengan menyusui juga merupakan cara terbaik menjalin ikatan batin antara ibu dan bayi.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat ibu menyusui adalah menjaga asupan makanan untuk memenuhi asupan nutrisi untuk bayi dan kesehatannya. Sebagai ibu yang baik menjaga kualitas ASI harus diutamakan agar bayi tumbuh cerdas. Sudahkah Anda mengetahui makanan untuk ibu menyusui apa saja yang harus ada dalam list belanjaan? Berikut ulasannya.

Makanan sehat untuk ibu menyusui

1. Sayur – sayuran
Sayur – sayuran seperti selada, tomat, jamur, jagung, kentang, bayam dan labu sangat disarankan untuk menu ibu menyusui. Sayuran ini merupakan sumber utama penghasil zat besi, vitamin C, serat, folat, lycopene, beta-karoten dan lain – lain yang bermanfaat untuk tubuh Anda dan bayi. Lebih baik jika mengonsumsi sayuran setiap hari 3 hingga 5 porsi.

2. Buah
Ketika menyusui, mendapatkan asupan penting dari buah – buahan yang mengandung vitamin A, B, C dan K adalah hal wajib jika ingin mendapatkan ASI yang berkualitas. Dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C dapat membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh dengan baik. Buah yang tinggi antioksidan diantaranya stawberry, blueberry, dan blackberry, buah – buahan ini sangat baik dikonsumsi ibu menyusui secara langsung tanpa di jus.

3. Ikan salmon
Salah satu makanan untuk ibu menyusui yang terbaik dan mendekati sempurna yaitu ikan salmon. Ikan salmon mengadung DHA yang sangat penting untuk perkembangan saraf bayi. Sebenarnya ASI sudah mengandung DHA namun mendapatkan DHA tambahan lebih baik.

4. Susu rendah lemak
Susu mengandung kalsium yang dapat membantu perkembangan tulang bayi selain itu dapat memenuhi kebutuhan Anda sendiri. Namun perlu Anda ingat harus memilih susu yang rendah lemak seperti olahan susu, yoghurt ataupun keju.

5. Kacang – kacangan
Kacang – kacangan berwarna gelap seperti kacang merah, kacang hitam dan kacang hijau sangat bermanfaat untuk ibu menyusui karena kaya akan protein dan zat besi yang berkualitas.

Beberapa daftar makanan untuk ibu menyusui di atas wajib Anda tambahkan dalam menu harian. Jangan lupa pula untuk selalu memberbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi dan meningkatkan energi Anda. Baca juga : Resep MPASI Tepat untuk Bayi 6 Bulan

author
No Response

Leave a reply "5 Jenis Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui"