6 kandungan Zat-zat Dalam Susu Bayi

No comment 1732 views

 

kandungan zat-zat dalam susu bayi

Susu bayi – Kita semua ketahu bahwa ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi yang tak ada bandingannya. Namun, ada kalanya susu bayi terpaksa diberikan kepada bayi karena suatu indikasi medis atau indikasi lainnya. Jika memang bayi anda terpaksa menggunakan susu bayi, ada baiknya mengenal dahulu susu bayi yang akan diberikan. Secara umum, susu bayi dibagi menjadi formula standard dan formula khusus.

Ini adalah contoh beberapa zat-zat yang terkandung dalam susu bayi dan susu formula:

  • Arachidonic acid (AA) 

AA (Asam Arachidonic) merupakan asam lemak tidak jenuh ganda rantai panjang omega-6. Seperti halnya DHA, secara alami AA ada dalam ASI.

  • Laktulosa

Laktulose merupakan gula disakarida yang terdiri dari 1 molekul galaktose dan 1 molekul fructose. laktulosa berbentuk serbuk atau kristal putih; sangat larut dalam air dan sedikit larut dalam alkohol.1 USP 29: larutan tidak berwarna atau sedikit kekuning-kuningan, miscible dengan air.4

  • Nukleotida

Nukleotida adalah komponen organik yang memegang peranan penting dalam metabolisme. Fungsi dari Nukleotida disusun oleh basa nitrogen, 5 carbon gula, dan satu atau tiga gugus fosfat. Gugus fosfat terikat pada 2, 3, atau biasanya pada 5 gugus karbon gula. Nukleotida yang gugus fosfatnya terikat pada dua gugus gula dinamakan cincin nukleotida

  • Laktoferin

Laktoferin adalah suatu protein yang mengikat zat besi. Enzim ini terdapat di air susu ibu, saliva dan cairan tubuh yang lain seperti dalam granula leukosit polimorfonuclear.

  • Taurin

Taurine, juga dikenal sebagai 2-aminoethanesulfonic acid, adalah senyawa yang diproduksi secara alami dalam tubuh manusia. Taurine ditemukan dalam kadar tinggi di otot rangka, jantung, serta dalam sel darah putih dan sistem saraf pusat. Zat ini merupakan komponen penting dalam empedu serta membantu pencernaan lemak dan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.

  • Kolin

Kolin di dalam tubuh turut membentuk struktur membran sel serta melindungi hati dari penumpukan lemak. Kolin diperlukan terutama bagi janin dan bayi-bayi baru lahir karena pertumbuhannya yang sangat pesat.

Di atas beberapa contoh kandungan zat dalam susu bayi Anda. Selain itu, di pasaran juga dapat dijumpai susu khusus bayi lainnya, contohnya susu bayi tinggi protein, susu untuk penderita diabetes, gagal ginjal, gagal hati, dll, Susu khusus ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan tertentu sesuai dengan indikasi medis.

 

author
No Response

Leave a reply "6 kandungan Zat-zat Dalam Susu Bayi"