Asi Eksklusif untuk Wanita Karier

No comment 1280 views

breast pumpAsi Eksklusif – Banyak dilema yang dihadapi oleh para Ibu yang bekerja, dokter memberitahu mereka untuk menyusui bayi mereka secara eksklusif pada ASI selama empat sampai enam bulan. Namun, Dokter menyarankan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama untuk membangun kekebalan bayi dan mencegah setiap penyakit serius pada anak usia dini.

Bayi tidak membutuhkan apa pun selain ASI selama enam bulan pertama kehidupan mereka . WHO memperkirakan bahwa dua dari lima anak yang terhambat di negara-negara berpenghasilan rendah karena Karena bayi mereka tidak disusui sevara eksklusif. ASI eksklusif adalah sumber paling efektif untuk mencegah kematian anak, kurang dari 40 persen bayi di bawah 6 bulan menerima manfaat pemberian ASI.

Bayi di bawah usia 2 bulan yang tidak disusui, 6 kali lebihbesar untuk meninggal akibat diare atau infeksi saluran pernapasan akut daripada mereka yang disusui.  Sekitar 1,3 juta kematian dapat dicegah setiap tahun ketika pemberian ASI ekslusif meningkat menjadi 90 persen.

Sebagai wanita karier ibu juga dituntut untuk selalu bisa menjaga kondisi fisik dan asupan makanan yang terjaga, Hal ini akan berdampak besar terhadap produksi ASI eksklusif untuk perkembangan Bayi.

Banyak perusahaan hanya menawarkan tiga bulan cuti hamil untuk ibu bekerja, tapi hal ini bisa disiasati dengan menyimpan ASI di dala lemari pendingin. Langkah untuk menyimpan ASI eksklusif di freezer ini juga sederhana. Ibu tinggal menyiapkan wadah higienis yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan ASI Eksklusif tersebut.

Satu hal yang perlu Ibu ingat adalah untuk tidak selalu menyimpan makanan atau bahan apapun selain ASI eksklusif di freezer. Hal ini tidak boleh dilakukan karena kualitas ASI eklsklusif yang disimpan akan berkurang. Pastinya Ibu yang menyusui tidak ingin bayinya menjadi sakit karena ASI tersebut terkontaminasi oleh bahan lain.

ASi eksklusif yang baik jangan terlalu lama dibiarkan terkena paparan sinar matahari dan udara, Asi akan basi dan tidak eksklusif lagi. Sangat disarankan langsung diberikan kepada Bayi agar Nutrisi yang terkandung tetap terjaga.

author
No Response

Leave a reply "Asi Eksklusif untuk Wanita Karier"