Bunda, Simak Tips Memberi ASI Eksklusif Pada Bayi

Mother nursing son

Segera setelah Anda melalui proses persalinan, Anda akan langsung memasuki masa menyusui. Selama 6 bulan pertama, bayi Anda hanya akan dapat mengkonsumsi ASI sehingga ia akan sepenuhnya bergantung pada pemberian ASI berkualitas yang Anda berikan. Namun, tak jarang para ibu muda dilanda kebingungan saat menjalani masa menyusui ASI eksklusif ini, apalagi jika Anda adalah seorang wanita karir. Apa yang harus dilakukan agar program menyusui Anda lancar? Yuk simak tips memberi ASI eksklusif pada bayi berikut ini.
• Pahami Hak Anda Sebagai Ibu Bekerja
Tahukah Anda bahwa negara memberikan penghargaan sangat besar bagi ibu menyusui, hingga hak-hak mereka dilindungi oleh Undang-Undang? Ya, kebanyakan ibu akan meninggalkan bayi mereka dengan berat hati saat Anda pergi ke kantor. Namun sebenarnya Anda memiliki hak penuh untuk membawa serta bayi Anda ke kantor serta menyusui mereka selama berada di kantor. Salah satu tips memberi ASI eksklusif pada bayi yang pertama adalah, Anda perlu mengetahui hak Anda yang telah tertuang di pasal UUD berikut:

“Pekerja/buruh perempuan yang anaknya masih menyusui harus diberi kesempatan sepatutnya untuk menyusui anaknya jika hal itu harus dilakukan selama waktu kerja.” (Pasal 83 UU No. 13/2003).

Namun tetap saja Anda perlu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan atasan Anda. Menurut para pakar persalinan, paling tidak Anda perlu mengajukan topik ini jauh-jauh hari sebelum waktu persalinan Anda tiba. Ataupun kalau sudah terlanjur, Anda dapat mendiskusikannya saat Anda kembali bekerja. Tak perlu sungkan atau malu untuk meminta sebuah ruangan khusus yang tenang, privat lengkap dengan kuncinya dengan kebersihan yang terjaga untuk menyusui bayi Anda.

Atau jika Anda tidak membawa serta bayi Anda, Anda dapat menggunakan ruangan tersebut sebagai ruangan untuk memompa ASI. Atau jika Anda tidak yakin Anda dapat meyakinkan pimpinan dengan kemampuan Anda sendiri, Anda dapat meminta surat rujukan dari dokter kandungan Anda yang kurang lebih berisi tentang manfaat menyusui bagi bayi Anda dan Anda sendiri. Begitu juga tentang penjelasan mengenai mengapa Anda membutuhkan ruangan yang bersih dan private untuk aktivitas menyusui Anda.
• Membawa Pompa ASI dan Kotak Penyimpan ASI
Jika sewaktu-waktu Anda tidak dapat membawa bayi Anda, maka Anda perlu menyisihkan uang untuk membeli pompa ASI sekaligus kotak kontainer ASI (jika tidak memungkinkan untuk menyimpan ASI botol di kulkas milik kantor). Anda dapat memilih antara pompa ASI elektrik maupun ASI manual, tapi pastikan bahwa botol ASI yang Anda gunakan tidak terbuat dari plastik yang dapat mengkontaminasi ASI botol.
Semoga tips memberi ASI eksklusif pada bayi di atas bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Simak Tips Memberi ASI Eksklusif Pada Bayi"