Bunda, Simak Yuk Manfaat Dari Pemberian ASI Eksklusif

a-mother-breastfeeding-her-baby

ASI Eksklusif merupakan program yang diberlakukan oleh pemerintah yang wajib diikuti oleh seluruh ibu menyusui di Indonesia. Rincian dari program ASI ini adalah pemberian ASI pada bayi yang baru lahir hingga ia menginjak usia 6 bulan. ASI merupakan satu-satunya jenis makanan yang bisa dan harus diberikan pada bayi di usianya yang muda tersebut. Di dalam ASI terdapat berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi untuk mendukung pertumbuhannya. juga tidak akan memberikan efek samping alergi pada bayi, dibandingkan dengan pemberian susu formula.
Dan buat Bunda yang belum mengetahui, inilah manfaat yang akan diperoleh bayi Anda jika Anda menerapkan program ASI eksklusif.
• Manfaat pertama dari pemberian ASI eksklusif adalah, ASI dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Cairan colostrum, atau cairan yang keluar paling pertama saat Anda menyusui merupakan cairan yang mengandung zat antibodi yang dapat melindungi bayi dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

• ASI juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu menjaga perkembangan otak bayi. Otak bayi yang berkembang dengan baik dapat menyimpan informasi lebih cepat dan lebih lama, sehingga kelak saat ia sudah bersekolah anak Anda pun dapat menyerap materi pelajaran dengan lebih baik dan membuat ia cerdas dan meraup berbagai prestasi dalam bidang akademik.

• ASI yang berkualitas juga mengandung kadar kalsium yang tinggi. Kadar kalsium tersebut dibutuhkan oleh bayi Anda untuk memperkokoh struktur tulang dan giginya. Tulang dan gigi yang padat dapat membantu melindungi bayi terlindung dari tulang rapuh dan pengeroposan tulang.

• Kolesterol merupakan musuh terbesar bagi orang dewasa. Namun bagi bayi yang tengah mengalami pertumbuhan, kolesterol sangatlah dibutuhkan. Lemak kolesterol sangatlah penting bagi tubuh bayi sebagai zat pembangun sel-sel tubuh bayi sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh bayi yang rusak. Dan kolesterol yang dibutuhkan bayi tersebut ada di dalam ASI.

• Satu lagi alasan mengapa Anda wajib memberikan ASI pada bayi Anda, Moms. Dibandingkan dengan susu formula yang mengandung kadar insulin tinggi, ASI lebih aman untuk bayi Anda. Alasannya, hormon insulin merupakan hormon yang dapat memicu produksi lemak.

Dalam kadar sewajarnya, hormon tersebut tentunya tidak membahayakan kesehatan bayi. Akan tetapi kandungan insulin yang terlalu tinggi dapat memicu produksi lemak yang berlebihan sehingga mengakibatkan bayi menderita obesitas. ASI mengandung kandungan hormon insulin yang jauh lebih rendah, dan secara otomatis bayi Anda pun akan memiliki berat badan yang ideal.
Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat dari ASI eksklusif. Semoga artikel ini menginspirasi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Simak Yuk Manfaat Dari Pemberian ASI Eksklusif"