Ini 4 Solusi Memberi ASI kepada Bayi Saat Puting Lecet

Mother nursing son

Puting payudara yang lecet saat memberikan ASI pada bayi merupakan masalah klasik yang sangat sering dikeluhkan oleh ibu menyusui, terutama bagi ibu muda yang baru sekali ini menyusui bayinya. Penyebab dari puting payudara cukup beragam, mulai dari akibat posisi menyusui yang kurang tepat maupun karena posisi mulut bayi yang tidka menempel dengan baik pada puting. Beberapa faktor lain seperti adanya mastitis (radang payudara) juga dapat mengakibatkan bayi menghisap puting terlalu kuat sehingga mengakibatkan puting menjadi lecet. Lalu, bagaimanakah solusi memberi ASI kepada bayi saat puting lecet?
Mengompres Puting dengan Kantong Teh Hangat
Salah satu solusi memberi ASI kepada bayi saat puting lecet adalah mengompres puting Anda dengan kantong teh hangat terlebih dahulu. Kantong teh yang sudah direndam oleh air hangat tersebut dapat membantu meredakan rasa sakit pada area puting.

Olesi Puting Dengan ASI
Solusi satu ini mungkin terdengar sangat aneh, namun tips ini benar-benar manjur Moms! ASI memiliki kandungan zat antibodi yang tidak hanya bermanfaat untuk melindungi tumbuh kembang bayi, tetapi juga dapat membantu menjaga agar puting payudara Anda tidak lecet selama menyusui bayi Anda. Setelah Anda selesai menyusui bayi Anda, keluarkan sekitar 2 tetes ASI dari payudara Anda dan oleskan ASI tersebut pada area sekitar kulit puting secara lembut.

Dan pastikan puting Anda sudah benar-benar kering sebelum mengenakan bra. Hal tersebut sangat wajib untuk diperhatikan untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat mengakibatkan radang payudara.

Berikan Jeda Saat Menyusui
Durasi menyusui yang terlalu lama juga bisa menjadi penyebab dari puting payudara yang lecet. Jika bayi Anda cenderung membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyusui, maka ada baiknya Anda memberikan jeda menyusui, apalagi jika puting payudara Anda sudah dalam keadaan lecet. Durasi jeda menyusui pun pastinya berbeda-beda bagi setiap orang. Namun paling tidak, berikanlah waktu sekitar 12 jam sebelum Anda kembali menyusui bayi Anda.

Tetap Berikan ASI
Puting payudara lecet seringkali membuat ibu merasa enggan untuk menyusui diakibatkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Akan tetapi, dampak yang paling parah dari lecet tersebut bisa muncul jika Anda menghentikan asupan ASI untuk anak Anda. ASI yang tidak dikeluarkan lama-kelamaan akan membentuk sumbatan pada saluran ASI. Dan sebagai akibatnya bisa jadi Anda terserang radang payudara atau mastitis.

Selamat mempraktekkan solusi memberi ASI kepada bayi saat puting lecet di atas, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Ini 4 Solusi Memberi ASI kepada Bayi Saat Puting Lecet"