Kebenaran Mitos Menyusui yang Harus Anda Tau!

No comment 1107 views

Kebenaran Mitos Menyusui yang Harus Anda Tau!

Mitos meyusui – Memberikan ASI kepada bayi adalah hal wajib, karena ASI mempunyai manfaat yang luar biasa untuk bayi. ASI ekslusif diberikan hingga bayi berusia 6 bulan dan dilanjutkan memberi ASI hingga umur 2 tahun. Itulah seharusnya yang dilakukan bunda kepada bayinya, namun kebanyakan orang tua yang malas menyusui atau entah karena mendapat mitos yang salah seputar menyusui hingga memilih untuk memberikan bayinya susu formula.

Hidup bermasyarakat biasanya akan memperngaruhi pola kehidupan, apalagi di Indonesia sangat kental sekali dengan mitos – mitos yang masih berlaku di masyarakat. Untuk itu bunda harus tau mitos menyusui berikut ini.

Mitos dan fakta seputar menyusui

1. Mitos : mitos menyusui yang pertama yaitu, ibu yang putingnya belah tidak boleh menyusui karena menyebabkan bayinya meninggal
Fakta : seperti apapun bentuk puting bunda, bayi tetap harus menyusu kepada ibunya. Karena sejauh ini belum ada laporan secara ilmiah yang menyebutkan bahwa bayi meninggal setelah menyusu kepada ibunya yang puntingnya belah.

2. Mitos : Menyusui dapat membuat payudara kendur
Fakta : Payudara kendur sebenarnya merupakan akibat dari kehamilan. Hormon pada saat kehamilan merubah otot ligamen pada area payudara sehingga kehilangan kelenturannya.

3. Mitos : Saat menyusui akan terasa sakit
Fakta : Sebenarnya yang membuat rasa sakit pada saat menyusui itu karena bayi tidak benar saat menyusu. Memang pada awal menyusui Anda akan merasa tidak nyaman, namun lama – kelamaan akan terbiasa. Saat tidak nyaman saat menyusui Anda bisa merubah posisi sampai bayi merasa nyaman.

4. Mitos : Makanan yang dikonsumsi ibu membuat bayianya kembung
Fakta : ASI memperoleh nutrisi dari aliran darah hal itu membuktikan bahwa serat dan gizi lainnya yang diperoleh dari makanan sang ibu tidak akan membuat bayinya kembung. Beberapa bayi yang terkena alergi bisa langsung dibawa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

5. Mitos : Mengusap puting untuk memperlancar ASI

Fakta : Mengusap puting justru akan mengakibatkan puting dan daerah sekitarnya terasa nyeri. Mitos ini tidak dapat dibuktikan secara ilmiah kebenarannya.

Kelima mitos menyusui tersebut sering kita dengar sehingga ibu akan malas menyusui anaknya. Ada baiknya saat Anda memperoleh informasi jika kurang yakin bisa langsung ditanyakan pada dokter.

author
No Response

Leave a reply "Kebenaran Mitos Menyusui yang Harus Anda Tau!"