Kualitas ASI dan Pengaruh Asupan Makanan Bunda

Kualitas ASI dan Pengaruh Asupan Makanan BundaASI Eksklusif – Bunda dan buah hati yang baru lahir memiliki hubungan yang sangat erat, baik secara batin maupun fisik melalui ASI eksklusif sebagai sumber nutrisi tunggal yang khusus diberikan demi mencukupi kebutuhan nutrisinya. Sebagai makanan pertama yang paling baik untuk tubuh bayi, ASI eksklusif rupanya dipengaruhi oleh beragam jenis asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh Bunda setiap harinya.

Untuk memberikan manfaat terbaik ASI eksklusif secara maksimal, tentunya Bunda harus memilih makanan yang memiliki kandungan nutrisi baik untuk kesehatan buah hati. Berikut ini beragam jenis makanan yang harus banyak dikonsumsi untuk menghasilkan kualitas ASI yang baik untuk tubuh si Kecil:

  • Sayuran

Sayuran segar yang memiliki warna hijau pekat memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh Bunda maupun si Kecil. Kalsium berfungsi untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi dan juga jaringan tubuh lainnya.

  • Buah-buahan

Buah-buahan banyak mengandung vitamin dan mineral yang mampu berperan untuk melancarkan keluarnya ASI eksklusif dan juga dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan Bunda dan buah hati. Selain itu, folat, iodine, protein yang sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi yang baru lahir.

  • Susu dan produk olahan susu

Susu dan produk olahan susu mengandung kalsium, folat, hingga lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh buah hati di awal kehidupannya.

  • Makanan yang memiliki “lemak baik”

Makanan dengan kandungan lemak baik seperti kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun dapat mencukupi kebutuhan lemak si Kecil dan buah hati tanpa takut risiko yang membahayakan tubuh.

Memilih makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan kualitas ASI eksklusif saja tidak cukup, Bunda perlu menghindari beragam jenis makanan yang dapat menurunkan kualitas ASI sesuai dengan rekomendasi dari Kelly Bonyata dalam tulisannya yang dipublikasikan oleh Parenting Breast-Feeding berikut ini:

  • Ikan yang mengandung mercury

Meski ikan memiliki protein yang tinggi, Bunda perlu menghindari jenis ikan tertentu yang memiliki kandungan merkuri tinggi seperti hiu, ikan todak, makarel, dan tilefish. Bergam jenis ikan ini dapat memberikan pengaruh negatif terhadap kondisi si Kecil yang akan merasakannya secara langsung melalui ASI eksklusif yang ia minum setiap hari.

  • Kafein dan alkohol

Kandungan kafein dan alkohol yang terdapat dalam beragam jenis produk minuman juga dapat mempengaruhi kualitas ASI. Bunda perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol dan minuman mengandung kafein seperti teh dan kopi selama masa menyusui.

  • Makanan tertentu yang tidak cocok untuk si Kecil

Bayi memiliki reaksi yang berbeda terhadap jenis makanan yang dikonsumsi Bunda setiap harinya. Jika si Kecil memberikan reaksi negatif setelah Bunda mengonsumsi makanan tertentu, maka hindarilah konsumsi jenis makanan tersebut untuk waktu selanjutnya.

Mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang menurunkan kualitas ASI eksklusif adalah langkah awal untuk memiliki buah hati yang akan tumbuh dengan sehat. Jangan lupa juga untuk memperhatikan pemberian ASI secara tepat dengan memperhatikan kuantitas dan posisi pemberian yang membuat si Kecil merasa nyaman.

No Response

Leave a reply "Kualitas ASI dan Pengaruh Asupan Makanan Bunda"