Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu Menyusui

No comment 1556 views

Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu Menyusui

ASI Eksklusif – Sebenarnya apa sih manfaat pemberian ASI eksklusif bagi bayi ? manfaat ASI eksklusif bagi bayi sangat bagus. Selain dapat meningkatkan kecerdasan otak dan fungsi sensoris bayi, ASI juga terbukti mampu mengurangi resiko penyakit kronis dan infeksi terutama penyakit yang sering menyerang bayi berumur dibawah 1 tahun seperti diare dan pneumonia.

Manfaat ASI eksklusif untuk Ibu menyusui

Selain bermanfaat bagi bayi, pemberian asi eksklusif juga sangat bermanfaat bagi ibu menyusui karena berfungsi sebagai KB alami (menjarangkan kehamilan) dan yang paling penting adalah mengurangi resiko terkena kanker ovarium dan payudara. Manfaat lain ASI eksklusif adalah sebagai zat antibody bagi bayi yg baru lahir. Kekebalan tubuh dan sistem imun bayi akan baik dan bagus dengan konsumsi asi ibu, hal ini akan membuat bayi baru lahir tidak mudah sakit.

Manfaat ASI eksklusif lainnya adalah:

  • Asi eksklusif pasti segar dan kagak basi. Produksi air susu ibu di jamin 100% higienis karena di produksi pada tempat terlindung yaitu di dalam payudara ibu, biaya produksinya juga murah, cukup makan makanan sehat dan bergizi, jadi ibunya kenyang dan sehat, bayinya juga sehat, tambah satu lagi irit biaya.
  • ASI eksklusif bebas bakteri dan penyakit. Apa pasalnya? Karena bayi baru lahir minum asi langsung dari pabriknya tanpa perantara yaitu langsung dari puting payudara ibunya, beda dengan susu sapi harus pakai botol, kena tangan jadi sangat riskan dengan bakteri dan virus, suhu asi juga sudah di rancang pas untuk bayi baru lahir.
  • Dengan ASI eksklusif merupakan tameng/penahan terbaik untuk bayi. Masalah kesehatan bayi yang umum terjadi seperti diare, infeksi dll, akan di backup sempurna oleh air susu ibu.
  • Formula dan komposisi ASI ekslusif akan menyesuaikan kebutuhan bayi sesuai usia dan
  • Fase pertumbuhannya. Itulah hebatnya karunia tuhan yang berbentuk ASI ini, kandungan nutirisi dalam ASI akan terus berubah mengikuti perkembangan bayi, jadi di jamin bayi tidak akan kekurangan gizi, walaupun kebutuhan gisinya berbeda tiap tahapan umurnya.
  • ASI eksklusif akan memberikan manfaat menangkal alergi makanan yang dimakan bayi. Dengan ini bayi jadi lebih kebal dari virus yang datang dari makanan pendamping ASI.
  • ASI eksklusif adalah makanan terbaik untuk bayi baru lahir. Masa tumbuh kembang bayi dari 0 bulan sampai 6 bulan adalah masa terbaik mengambil manfaat “EKSKLUSIF” dari asi, namun tetap di teruskan sampai dua tahun.
author
No Response

Leave a reply "Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu Menyusui"