Manfaat ASI Untuk Bayi Dan Ibu Yang Baru Melahirkan

Manfaat ASI Untuk Bayi Dan Ibu Yang Baru Melahirkan

Manfaat ASI – ASI adalah makanan bayi yang paling penting terutama pada bulan-bulan pertama kehidupan. ASI merupakan sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan bayi, karena ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna baik secara kualitas maupun kuantitas.

ASI eksklusif adalah pemberian ASI saja pada bayi sampai usia 6 bulan tanpa tambahan cairan ataupun makanan lain. Dulu, WHO merekomendasikan ASI Eksklusif hanya diberikan hingga usia bayi 4 bulan. Namun sekarang WHO merekomendasikan pemberian ASI hingga usia 6 bulan.

Bukan tanpa alasan WHO merekomendasikan pemberian ASI Eksklusif hingg 6 bulan, dalam penelitianya ASI mengandung berbagai nutrisi yang di perlakuan bayi

Banyak manfaat dan tujuan ASI diberikan sang ibu kepada bayi
Untuk bayi:
• ASI dari tubuh sang ibu mengandung antibiodi yang cukup besar untuk kebutuhan bayi. Antibodi tersebut membantu bayi menjadi tahan terhadap penyakit, selain itu juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Telah menjadi bukti bahwa bayi yang diberi ASI lebih kuat dan terhindar dari beragam penyakit seperti asma, pneumonia, diare, infeksi telinga, alergi, “SIDs”, kanker anak, multiple scleroses, penyakit Crohn, diabetes, radang usus buntu, dan obesitas.

• Menyusui secara psikologis baik bagi bayi dan meningkatkan ikatan dengan ibu. Jika seorang sedang membaca atau mengecek email saat menyusui, bayi tetap mendapat manfaat dari kehangatan dan keamanan karena meringkuk ke tubuh ibunya.
• Menyusui membantu perkembangan otak. Bayi yang diberi ASI rata-rata memiliki IQ 6 poin lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.

• Hormon yang terdapat di dalam ASI menciptakan rasa kantuk dan rasa nyaman. Hal ini dapat membantu menenangkan kolik atau bayi yang sedang tumbuh gigi dan membantu membuat bayi tertidur setelah makan.

Untuk Ibu:

• Memberi kepuasan batin, ketenangan, serta kebahagiaan emosional, karena pelepasan hormon oksitosin

• Mempercepat kontraksi rahim, sehingga dalam waktu singkat rahim kembali ke ukuran normal. Seperti saat Anda belum hamil lho! Ini menyebabkan menurunnya risiko perdarahan rahim di masa nifas.

• Memperkecil risiko kanker payudara.

• Pemberian ASI dari sang ibu gratis, sedangkan pembelian susu botol bayi membutuhkan uang, jadi lebih ekonomis

• Ibu sehat dan terlihat ceria serta cantik. Ibu yang menyusui bisa menguras kalori lebih banyak, maka akan lebih cepat pulih ke berat tubuh sebelum hamil.

Baca Juga Apa Bunda Sudah Tau Fungsi Gigi Susu Pada Anak?

author
No Response

Leave a reply "Manfaat ASI Untuk Bayi Dan Ibu Yang Baru Melahirkan"