Manfaat ASi Untuk Bayi, Ibu Dan Keluarga

ASIASI – Manfaat ASi tentu akan sangat penting bagi seorang ibu dan bayi. Adapun bagi ibu menyusui dapat menunda haid dan kehamilan ( berfungsi sebagai kontrasepsi ) serta mengurangi resiko kanker payudara. Bayi yang tidak mendapatkan ASI memiliki risiko tumbuh kembang yang tidak optimal diakibatkan asupan nutrisi yang kurang serta lebih mudah terkena penyakit infeksi. Disamping itu pemberian susu formula secara dini akan menyebabkan kerugian secara materi.

Dari hal itu keuntungan menyusui bagi bayi diantaranya yaitu :

  1. Sebagai sumber gizi yang lengkap.
  2. Imunisasi awal yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
  3. Meningkatkan kecerdasan otak serta emosional dan spiritual bayi.
  4. Menyusui merupakan hak bayi.

Adapun keuntungan menyusui bagi ibu dan keluarga diantaranya yaitu :

  1. Mencegah perdarahan.
  2. Mempercepat pengecilan rahim setelah melahirkan.
  3. Mengurangi pengeroposan tulang.
  4. Mengurangi resiko kanker payudara.
  5. Mudah dan praktis serta hemat.
  6. Bagi ibu bekerja akan jarang bolos karena bayi sakit.

Memang banyak sekali manfaat ASI bagi keluarga, tidak hanya itu, Banyak sekali Zat sehat, nutrisi, dan manfaat penting dari ASi untuk bayi. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Merupakan nutrisi paling sempurna karena komposisi zat-zat gizinya lengkap dan seimbang.
  2. Mengandung zat kekebalan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Pemberian ASI akan menyelamatkan nyawa bayi Anda dari bahaya diare dan infeksi saluran napas akut lho!
  3. ASI itu steril.
  4. Tersedia setiap saat, sehingga sangat praktis dan ekonomis.
  5. Pemberian ASI akan mempererat ikatan emosional antara anak dengan Anda, sehingga sangat positif dampaknya bagi perkembangan psikologisnya.
  6. Penelitian juga membuktikan, bayi-bayi yang memperoleh ASI umumnya terhindar dari risiko obesitas (saat ini, seluruh dunia sangat prihatin terhadap tingginya angka obesitas pada anak; apalagi obesitas terkait dengan berbagai bentuk penyakit pada usia lebih dini).

Berikut ini adalah informasi tentang penjelasan manfaat ASI bagi perkembangan Bayi juga untuk ibu dan keluarga. Semoga dapat para ibu dapat mendapatkan informasi yang berharga dan juga dapat memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi demi perkembangannya.

No Response

Leave a reply "Manfaat ASi Untuk Bayi, Ibu Dan Keluarga"