Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Untuk Ibu

No comment 604 views

Manfaat pemberian ASI – Ais susu ibu atau ASI adalah kebutuhan yang sangat penting bagi bayi terutama untuk tumbuh kembang bayi itu sendiri. Manfaat pemberian ASI ini akan sangat besar sekali dampaknya pada si bayi. Namun, tidak hanya bayi yang akan mendapatkan manfaat besar, sang ibu juga akan mendapatkan manfaat yang sama besar dengan memberikan ASI secara eksklusif untuk buah hatinya. Pemberian ASI pada bayi lebih baik dilakukan sesegera mungkin saat bayi sudah lahir paling lama 30 menit setelah bayi lahir. ASI pertama yang akan diminum oleh bayi baru lahir tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk bayi tersebut.

Sejak pertama lahir sampai nanti bayi berusia 6 bulan sangat disarankan sang ibu hanya fokus memberikan bayinya ASI tanpa menggunakan susu formula dimana ini artinya ibu memberikan ASI secara eksklusif untuk bayinya. Tanpa menambahkan bubur bayi atau air putih untuk bayi Anda selama 6 bulan pertama setelah bayi lahir inilah arti dari ASI eksklusif yang sering disebut-sebut. Anda baru bisa memberikan buah hati Anda MP ASI setelah bayi Anda sudah berusia di atas 6 bulan. Anda bisa menambahkan bubur ayam, sari buah, atau air putih untuk asupan tambahan dari ASI.

pemberian-air-susu-ibu-eksklusif

Selain bayi yang tentu mendapatkan banyak sekali manfaat dari ASI ekslusif, sang ibu yang memberikan ASI eksklusif untuk sang bayi pun juga akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang tentu menguntungkan juga bagi sang ibu. Manfaat pertama yang akan dirasakan sang ibu karena memberikan ASI secara eksklusif pada sang bayi adalah sang ibu akan dapat terhindar dari resiko pendarahan. Dengan memberikan ASI segera setelah bayi lahir, hal ini akan mencegah terjadinya pendarahan dan mempercepat proses kembalinya posisi rahim.

Selain lebih cepat memulihkan kondisi rahim, dengan memberikan ASI secara eksklusif pada bayi juga akan sangat membantu sang ibu untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Menyusui bayi ini adalah salah satu aktivitas yang dapat membakar kalori antara 200  – 500 kalori per hari. Sang ibu juga bisa terhindar dari resiko terkena kanker payudara dan juga kanker rahim dengan memberikan ASI eksklusif untuk buah hati tercinta.

Perlu Anda ketahui juga, manfaat pemberian ASI secara ekslusif ini juga sangat berguna sebagai alat kontrasepsi karena hisapan bayi pada payudara ibu dapat merangsang hormon yang menghambat masa subur dan ini hanya berlaku selama 4 bulan pertama setelah bayi lahir. Banyak bukan manfaatnya?

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Untuk Ibu"