Perbedaan ASI dan Susu Bayi Formula

No comment 1233 views

Perbedaan ASI dan Susu Bayi Formula

Susu Bayi – Susu merupakan asupan pelengkap yang sangat baik untuk kesehatan tubuh bayi. Pasalnya, susu memiliki kandungan yang membantu kebutuhan tubuh si buah hati. Karenanya, semua bayi perlu minum susu secara teratur untuk menyempurnakan nutrisi dalam tubuhnya.

Manfaat susu bayi memang tidak ada bandingannya. Minum dua botol susu setiap hari memberikan jumlah vitamin D yang cukup kepada bayi tanpa menurunkan kadar zat besi, asalkan diimbangi konsumsi makanan dengan kadar zat besi yang cukup tinggi. Dr Jonathon Maguire, dokter anak dan ilmuwan di Rumah Sakit St Michael di Toronto, mengatakan vitamin D dan zat besi adalah nutrisi penting bagi bayi terutama untuk pertumbuhan tubuh dan otak.

Perbedaan ASI dan Susu Bayi Formula

Seperti tertulis dalam situs babycenter.com, salah satu perbedaan mencolok antara bayi yang diberi ASI dan bayi yang diberi susu formula adalah dalam hal kecepatan perkembangannya. Dijelaskan di situs ini, bayi yang hanya diberi ASI akan tumbuh lebih cepat pada tiga hingga empat bulan pertama jika dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.

Namun, setelah lewat sekitar empat bulan, perkembangan mereka akan menjadi lebih lambat. Sehingga, ketika bayi berusia satu tahun, berat rata-rata bayi yang diberi ASI akan lebih ringan daripada para bayi yang diberi susu formula.

Tentu saja, perbedaan berat badan tersebut bukan merupakan sebuah masalah. Justru, berdasarkan informasi yang tertulis dalam situs yang sama, bayi yang tumbuh terlalu cepat kemungkinan akan menderita kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi dan berkemungkinan lebih besar menderita obesitas dan diabetes di kemudian hari.

Salah satu alasan bayi yang diberi ASI memiliki berat lebih rendah adalah ketika bayi mengkonsumsi ASI, mereka akan dengan sendirinya berhenti menyusu setelah mereka kenyang. Sedang, bayi yang diberi susu formula biasanya akan terus diberi susu hingga susu dalam botol habis. Selain itu, susu formula mengandung lebih banyak protein daripada ASI. Hal ini mungkin akan menyebabkan perubahan dalam sistem metabolisme tubuh si bayi.

author
No Response

Leave a reply "Perbedaan ASI dan Susu Bayi Formula"