Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat Dan Baik

asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan dan asuransi lainnya dapat diartikan sebagai sebuah garansi perlindungan secara finansial (atau biasa dalam bentuk ganti rugi) baik untuk jiwa, dana pensiun, kesehatan, kendaraan, properti, dan lain-lain. Beberapa jaminan atau pertanggungan yang disediakan oleh perusahaan asuransi lazimnya untuk beberapa kejadian yang tidak dapat diprediksi atau diduga seperti misalnya kematian, kerusakan, kehilangan, sakit, dan masih banyak lagi.

Berbagai perusahaan asuransi menawarkan begitu banyak produk asuransi kesehatan terbaik, bahkan banyak perusahaan asuransi jiwa serta asuransi umum ikut serta menawarkan sebuah produk asuransi kesehatan. Kebingungan tentu akan dialami oleh konsumen manakala harus memilih atau menentukan asuransi kesehatan yang akan digunakannya.

Untuk itu, konsumen perlu mengetahui beberapa hal sebelum menentukan asuransi kesehatan yang akan dipilihnya seperti yang dikutip dari asuransi id:

  • Bedakan berdasarkan usia

Setiap usia memerlukan penanganan kesehatan berbeda. Misalnya perawatan kesehatan bagi balita berbeda dengan lansia dilihat dari jenis penyakitnya. Untuk itu anda harus selektif memilih asuransi yang memberikan jaminan sesuai dengan kesehatan nasabah.

  • Lihat penawaran dengan teliti

Anda harus mengamati satu persatu perawatan yang diberikan oleh pihak asuransi, misalnya periksa kesehatan mata, check up umum, rongent, biaya terapi dokter, USG, fototherapi, biaya rawat jalan, dan sebagainya. Jangan sampai pihak asuransi hanya memberikan biaya rawat inapnya saja. Seringkali nasabah kurang teliti sehingga terjadi masalah di belakang.

  • Asuransi yang dipilih resmi

Pilih asuransi yang memiliki izin resmi dan sudah berpengalaman untuk menghindari tindak penipuan. Asuransi resmi yang terdaftar dapat digugat di pengadilan bisa ternyata tidak memberikan hak anda.

  • Sesuaikan dengan budget Anda

Pilih asuransi yang sesuai dengan anggaran agar tidak membebani atau berhenti di tengah jalan. Asuransi kesehatan bisa dibayar bulanan, semester, 3 bulan atau sesuai dengan perjanjian.

  • Memiliki fasilitas yang lengkap

Anda harus memastikan fasilitas yang dibayar oleh asuransi ketika sedang rawat inap. Misalnya saja tipe kamar, terapi dokter, obat, check up, ICU, tindakan bedah, anastesi, diagnosa penyakit yang mendapatkan biaya, dan fasilitas rawat jalan setelahnya. Ini untuk menjamin biaya rumah sakit.

Nah itulah beberapa informasi tentang tips memilih asuransi kesehatan yang tepat dan baik, dan semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita.

author
No Response

Leave a reply "Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat Dan Baik"