Atur Kembali Wadah Penyimpanan dalam Kabinet Dapur!

wadah penyimpanan dan pengaturan

Dapur adalah area yang rutin dikunjungi setiap anggota keluarga ketika hendak mengisi perut atau membuat aneka minuman hangat dan segar. Untuk itu, menjaga kebersihan dan kerapian wadah penyimpanan dan pengaturan di lemari dapur perlu dilakukan agar suami dan anak-anak tidak kesulitan ketika beraktivitas di dalamnya. Selain itu, wadah penyimpanan dan pengaturan yang tertata rapi juga menambah nilai estetika di dapur Anda, lho.

Nah, berikut ini adalah lima tips praktis yang dapat Anda lakukan untuk menata ulang wadah penyimpanan dan pengaturan dalam kabinet dapur:

  • Kosongkan kabinet

Ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai kegiatan bersih-bersih. Keluarkan semua wadah penyimpanan dan pengaturan yang ada dalam kabinet dan pisahkan beberapa perlengkapan yang sudah jarang digunakan, wadah yang rusak, atau wadah yang selama ini terselip di bagian belakang. Lakukan hal ini pada setiap kabinet dan mulailah melakukan pembersihan wadah penyimpanan dan pengaturan di lantai atau meja yang luas.

  • Kelompokkan berdasarkan isinya

Setelah kabinet Anda bersih dari semua wadah, kelompokkan wadah penyimpanan dan pengaturan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, Anda bisa mengelompokkan semua wadah penyimpanan yang khusus berisi bahan-bahan pembuat kue dalam satu kelompok dan atur wadah lain yang berisi teh, kopi, serta gula dalam kelompok lain.

  • Kelompokkan berdasarkan frekuensi pemakaian

Selain melakukan pemisahan wadah penyimpanan dan pengaturan berdasarkan isinya, Anda juga dapat merapikan kabinet dengan hanya memasukkan wadah yang sering digunakan saja. Pastikan kabinet hanya berisi beberapa wadah penting yang sering digunakan agar selalu tampak rapi, dan pisahkan beberapa wadah yang sangat jarang dipakai di tempat yang berbeda.

  • Mengatur letak wadah

Ada satu cara lagi yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan wadah, yakni menempatkan beberapa wadah di lokasi tertentu untuk menghindari peralatan yang penting berjubel di kabinet. Sebagai contoh, Anda dapat meletakkan wadah yang berisi sendok sayur, pisau, dan penjepit makanan di samping kompor, kemudian wadah barang pecah belah di dekat tempat cuci piring untuk memudahkan peletakkan gelas dan piring bersih yang sudah dicuci.

  • Menggunakan wadah transparan

Salah satu cara yang memudahkan Anda menjangkau barang-barang di dalam wadah penyimpanan dan pengaturan tanpa harus membongkar seluruh isi kabinet adalah dengan menggunakan wadah transparan. Wadah ini sangat cocok untuk benda-benda kecil seperti botol vanili, fermipan, dan beberapa bahan kue berukuran mini lainnya. Selain itu, beberapa bumbu masakan dalam kemasan kecil juga sangat cocok ditempatkan dalam wadah bening ini karena memudahkan Anda saat ingin mengambilnya.

Itulah beberapa tips merapikan wadah penyimpanan dan pengaturan dalam kabinet dapur Anda. Pastikan sering melakukan aktivitas pembersihan dan penataan ulang kabinet untuk menjaga kesterilan serta kerapian bahan makanan dan alat masak di dalamnya. Dengan melakukan penataan wadah yang rapi, dapur Anda akan terhindar kondisi yang berantakan dan keluarga pun senang beraktivitas di dalamnya.

 

author
No Response

Leave a reply "Atur Kembali Wadah Penyimpanan dalam Kabinet Dapur!"