Dekorasi Kamar Anak yang Cocok untuk Si Kecil

Dekorasi Kamar Anak

Dekorasi kamar anak – Memilih dekorasi kamar anak dengan mengutamakan keindahan dan kenyamanan si Kecil sih boleh-boleh saja, namun setiap orang tua perlu juga memikirkan keamanan saat buah hatinya berada dalam kamar tidur. Faktor keamanan sudah selayaknya menjadi prioritas utama sebelum Anda memilih berbagai desain kamar anak yang menarik.

Bagaimana cara mendekorasi kamar anak dengan tetap memperhatikan sisi keamanannya sesuai dengan usia buah hati? Nah, berikut ini beberapa gambaran dekorasi kamar anak yang pas dan aman bagi rentang usia tertentu:

  • Dekorasi Kamar untuk Si Batita

Pada usia tersebut, si Kecil sedang mengalami masa transisi dari bayi menuju anak-anak sehingga pengenalannya terhadap benda yang ada di sekitarnya belum jauh berbeda dengan ketika bayi. Dekorasi kamar si Kecil saat dia masih bayi bisa Anda pajang kembali sebagai penghias ruangan tidurnya, seperti macam-macam binatang, buah-buahan, dan lain-lain.

Oleh karena di usia tersebut anak masih belajar berdiri dan berjalan, seringkali dia akan menggunakan perabot yang ada untuk berpegangan. Pilihlah dekorasi kamar anak yang kokoh dan kuat supaya tidak mudah terjatuh atau roboh, seperti kursi atau lemari pakaian, dan pastikan tidak ada perlengkapan berbahaya di atasnya seperti lampu meja dan vas bunga. Pilihlah juga desain kamar tidur anak yang bagian tepinya halus dan tidak runcing atau tajam agar seandainya si Kecil terbentur tidak sampai melukai kulitnya.

Menggunakan karpet atau alas lantai yang empuk di lantai juga merupakan pertimbangan bagus karena saat dia bermain atau berlari-lari, kemungkinan terjatuh pun tidak akan membuatnya kesakitan. Begitu juga dengan pemilihan perlengkapan tidur, Anda perlu memperhatikan seberapa aktif tingkah buah hati. Jika dia sudah cukup mampu memanjat baby box, lebih baik jangan menempatkan si Kecil di sana lagi dan pilihlah tempat tidur anak-anak.

  • Dekorasi Kamar untuk Si Balita

Pada usia tersebut biasanya anak sudah menginjak bangku taman kanak-kanak, di mana dia sudah mulai belajar mengenal warna, bentuk-bentuk, tumbuhan, hewan, dan sebagainya. Memasang gambar seperti itu di dinding kamar bisa menambah keceriaan dan pengetahuannya.

Pada usia tersebut si Kecil juga mulai bisa menggunakan mainannya sendiri serta mencari di tempat mainan dan mengoperasikannya sendiri, karena itu pilihlah wadah mainan yang terjangkau oleh anak dan tidak membahayakan. Meletakkan beberapa kotak mainan berjajar di lantai juga dapat membantunya mencari mainan sendiri daripada harus menyusun kotak mainan dari atas ke bawah yang berpotensi ambruk dan menimpa si Kecil.

Menambahkan dekorasi kamar tidur anak seperti jam beker, lampu tidur yang menempel di tembok serta musik penghantar tidur juga akan menambah kesenangannya pada kamar pribadinya.

  • Dekorasi Kamar untuk Anak Usia ± 6 Tahun

Pada usia tersebut, biasanya anak sudah menginjak jenjang sekolah dasar, di mana dia akan membutuhkan meja khusus untuk belajar dan mengerjakan PR serta meletakkan segala keperluan sekolah. Pilihlah perabot yang terbuat dari bahan yang cukup aman dan sederhana namun dapat menampung semua peralatan tulisnya.

Dia perlu belajar untuk mengatur waktu untuk bangun pagi, mandi, sarapan, belajar, dan sebagainya. Tidak ada salahnya Anda meletakkan jam meja yang bisa membangunkannya di pagi hari sekaligus bisa membuatnya belajar membaca jarum jam.

Seperti halnya proses pertumbuhan anak dari waktu ke waktu yang cukup pesat dan cepat, seperti itulah Anda perlu menata ulang dekorasi kamar anak mengikuti pertambahan usianya. Dukunglah perkembangan anak dengan menyediakan berbagai peralatan yang memadai dan tentunya tetap aman bagi si Kecil.

author
No Response

Leave a reply "Dekorasi Kamar Anak yang Cocok untuk Si Kecil"