Sebab Pengharum Ruangan Menghasilkan Aroma Wangi

Pengharum Ruangan

Pengharum Ruangan – Senang rasanya jika memasuki sebuah rumah atau kendaraan kemudian tercium bau harum di dalamnya. Rasanya tidak ingin beranjak dari tempat tersebut, bukan? Pengharum ruangan yang digunakan oleh kebanyakan orang juga bertujuan untuk itu, memunculkan kesan yang menyenangkan bagi siapa saja yang datang atau berada di tempat tersebut.

Setiap orang dapat menikmati keharuman dan merasakan ketenangan yang ditawarkan pewangi ruangan, alhasil acara ngobrol jadi semakin seru dan dapat mencairkan suasana. Pernahkah terpikirkan oleh Anda mengapa pengharum ruangan dapat menimbulkan aroma harum yang menyegarkan? Nah, ketiga hal berikut inilah yang memiliki andil besar dalam menyebarkan aroma wangi hingga ke penciuman Anda:

  • Minyak Esensial

Minyak esensial merupakan cairan alami yang mengandung aroma harum, diperoleh dari tumbuhan dengan memanfaatkan bagian biji, bunga, daun, akar dan batang. Bagian dari tumbuhan tersebut diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan minyak yang akan digunakan sebagai campuran bahan pembuat pengharum ruangan.

Minyak esensial tersebut bermacam-macam, ada yang diambil dari olahan bunga mawar, pohon zaitun, pohon almond, chamomile, lavender, dan sebagainya. Minyak alami yang ada pada pengharum ruang ini selain mengeluarkan bau harum juga memiliki khasiat membantu proses relaksasi bagi penghuni ruangan tersebut.

  • Cairan Pengharum

Minyak esensial yang diperoleh dari tumbuh-tumbuhan biasanya jumlahnya cukup terbatas sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen akan berbagai wewangian. Untuk itulah pada pengharum ruangan ditambahkan cairan pengharum yang berasal dari bahan kimia. Tentunya bahan kimia tersebut telah melewati proses netralisir supaya zat kimia yang terhirup tidak lagi membahayakan pernafasan Anda.

Cairan pengharum tersebut biasanya digunakan untuk menciptakan pewangi ruang dengan aroma sabun mandi, aroma pelembut pakaian ataupun aroma makanan. Berbeda dengan minyak esensial, cairan pengharum ini melewati proses laboratorium dan uji klinis yang membutuhkan banyak uji coba sampai menemukan suatu aroma yang diharapkan.

  • Pencair atau Pengencer

Mengingat pengharum yang didapat dari tumbuh-tumbuhan dan cairan kimia ada yang berupa minyak dan serbuk, perlu adanya pencair atau pengencer yang akan memudahkan proses pengemasan pengharum ruangan. Sesuai namanya, pengencer tersebut bekerja mengencerkan zat-zat pengharum supaya bisa mengeluarkan aroma wangi yang akan dihirup oleh siapa saja.

Teknis pengenceran bisa bermacam-macam sesuai dengan sistem kerja alat pengharum, misalnya dengan cara membakar cairan atau minyak pengharum, atau juga yang memutar sampai timbul aroma harum.

Itulah beberapa bahan yang terdapat dalam pengharum ruangan yang menimbulkan aroma harum yang bisa Anda nikmati. Banyaknya minyak esensial atau cairan pengharum serta proses pengenceran tidak hanya memengaruhi jenis aroma yang dikeluarkan, namun juga memengaruhi harga barang dekorasi tersebut.

author
No Response

Leave a reply "Sebab Pengharum Ruangan Menghasilkan Aroma Wangi"