Selimut Elektrik dan Cara Memilihnya

No comment 5920 views

Selimut Elektrik

Selimut elektrik – Bagi Anda yang tinggal di kawasan bercuaca sangat dingin dan memiliki masalah dengan kenyamanan saat tidur, selimut elektrik dapat menjadi jawaban atas masalah tersebut. Selimut elektrik adalah perlengkapan tidur yang dipadukan dengan pemanas elektrik yang biasanya diletakkan di atas tempat tidur.

Selimut ini juga memiliki tombol pengatur panas untuk mendapatkan suhu yang pas dan kenyamanan yang sesuai ketika terlelap. Nah, ketika hendak membelinya, Anda perlu memerhatikan beberapa elemen penting yang sebaiknya dimiliki selimut elektrik untuk menunjang waktu istirahat berkualitas:

  • Keamanan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah faktor keamanan saat menggunakan selimut ini. Selimut elektrik yang baik memiliki penanda keamanan standar berupa UL964. UL merupakan kepanjangan dari Underwriters Laboratories dan memiliki kode standar keamanan yang paling banyak dikenal dan diterima di Amerika Serikat.

Jika Anda membeli selimut elektrik dengan penanda ini, hal itu menunjukkan bahwa keamanan selimut telah teruji. Hindari membeli selimut elektrik bekas karena bisa sangat berbahaya bagi keselamatan keluarga mengingat perlengkapan tidur keluarga ini memanfaatkan arus listrik, meskipun dengan daya kecil.

  • Kualitas

Selimut elektrik dengan kualitas terbaik mampu bertahan selama sekitar 5 tahun. Elemen pemanas pada selimut ini biasanya diletakkan di antara lapisan yang dikendalikan oleh unit kontrol. Selimut elektrik yang baik juga dilengkapi dengan elemen pemanas yang menggunakan serat kawat  karbon yang tipis dan dapat mengurangi ketebalan selimut.

  • Ukuran

Untuk menyesusaikan dengan kenyamanan keluarga, pilihlah selimut yang sesuai dengan kebutuhan di rumah. Untuk tempat tidur yang berukuran kecil, pilihlah selimut elektrik twin atau selimut elektrik full-size. Untuk tempat tidur yang berukuran lebih besar, selimut elektrik jenis Queen and king-sized adalah pilihan sempurna karena dilengkapi dengan dua buah alat pengontrol yang membuat Anda dapat mengatur suhu selimut di separuh sisi, tanpa mempengaruhi suhu yang diinginkan pasangan.

  • Bentuk

Selimut elektrik terdiri dari 2 bentuk, yakni selimut elektrik datar biasa dan selimut elektrik yang sesuai dengan ukuran tempat tidur Anda. Selimut elektrik datar umumnya dapat digunakan seperti selimut penghangat lainnya, tidak memiliki pengait yang menjadikannya mampu mempertahankan bentuk sesuai tempat tidur. Sedangkan selimut elektrik yang bisa menyesuaikan dengan tempat tidur dilengkapi pengait yang mampu mempertahankan bentuknya sehingga tidak mudah lepas. Jenis selimut ini banyak disarankan bagi orang-orang yang mengalami sakit punggung karena bisa memberikan kehangatan maksimal.

  • Bahan

Selimut elektrik bisa terbuat dari bahan-bahan sintetis, akan tetapi untuk mendapatkan kualitas terbaik, pilihlah selimut elektrik berbahan wol. Bagi Anda yang memilikim penyakit asma , pilihlah selimut dengan bahan antibakteri yang sengaja didesain untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan debu.

Dengan memperhatikan faktor-faktor penting sebelum membeli selimut elektrik, Anda dapat menentukan apakah jenis yang beredar di pasaran layak dibeli atau tidak. Adanya panduan praktis dalam memilih selimut ini tak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga keamanan yang sangat penting bagi keularga.

author
No Response

Leave a reply "Selimut Elektrik dan Cara Memilihnya"