Tips Praktis Merapikan Kamar Tidur Anak

No comment 3011 views

Kamar Tidur Anak, Perlengkapan kamar Tidur, Tips Merapikan Kamar

Perlengkapan kamar tidur – Kamar tidur anak ibarat ‘kantong ajaib’ bagi semua jenis mainannya yang tergeletak di sana-sini. Tersebarnya mainan dan berbagai benda milik buah hati yang ada di berbagai sudut kamar juga akan membuat perlengkapan kamar tidur yang dibeli dengan harga mahal menjadi berantakan.

Agar kamar tidur anak  minimalis lebih teratur, cobalah melakukan beberapa hal sederhana berikut:

  • Memungut sampah

Keberadaan sampah adalah hal utama yang paling mengganggu kerapian dan kebersihan kamar tidur. Bungkus makanan ringan, botol minuman, dan bungkus permen adalah jenis sampah yang harus segera Anda singkirkan untuk mencegah datangnya semut dan hewan lainnya ke kamar tidur anak laki-laki maupun perempuan.

Cobalah menyediakan perlengkapan kamar tidur seperti tempat sampah mini supaya si Kecil mengerti dimana harus membuang kemasan permen atau kertas tak terpakai.

  • Merapikan barang

Selain sampah yang bertebaran, anak juga seringkali melemparkan segala macam benda ke lantai seperti baju, jaket, mainan, dan sebagainya. Ambillah semua barang yang tergeletak di lantai dan letakkan di tempat yang semestinya.

Anda juga dapat memisahkan beberapa barang yang tidak berhubungan dengan perlengkapan kamar tidur si Kecil, seperti remote TV dan memasukkannya ke dalam kotak kecil untuk dibawa keluar.

  • Menggantung semua baju

Gantunglah seragam sekolah, jaket, dan beberapa pakaian yang mudah kusut di lemari gantung dalam kamar tidur anak. Upayakan untuk tidak menumpuk gantungan baju di balik pintu atau di dinding kamar karena akan menjadi sarang nyamuk dan menganggu kenyamanan si Kecil ketika beristirahat di dalam kamar.

  • Merapikan isi lemari

Lemari pakaian anak adalah perlengkapan kamar tidur anak yang paling sering mengalami ‘kekacauan’ di dalamnya. Untuk merapikannya, Anda perlu mengeluarkan semua pakaian anak dari dalam lemari kemudian membersihkan setiap bagian raknya dari berbagai macam sampah dan debu yang terselip di celah-celah.

Setelah membersihkannya, Anda dapat melipat ulang koleksi baju anak dan meletakkannya ke dalam lemari dengan rapi.

  • Menata rak buku

Jika Anda melihat rak buku anak mulai tak rapi dan berjubel, keluarkanlah semua buku tersebut dari rak untuk diatur ulang. Kemudian, susunlah buku tersebut baik berdasarkan warnanya, penulisnya, ukurannya, ataupun judul buku secara alfabetis.

Anda juga dapat membuat daftar kecil yang berisi koleksi buku anak sehingga jumlah koleksinya itu dapat didata dengan baik.

  • Memajang barang dekorasi

Jika anak memiliki barang dekorasi seperti foto atau figurin lucu, Anda dapat menempatkan aksesoris kamar tidur unik ini pada meja kecil yang berada di samping tempat tidurnya. Jika kamar buah hati dilengkapi dengan rak gantung, pigura dan figurin mungil tersebut juga boleh diletakkan di sana.

Upaya bersih-bersih dan penataan ulang kamar tidur anak sangat penting dilakukan untuk membiasakan si Kecil hidup rapi. Selain itu, rutin membersihkan segala perlengkapan kamar tidur anak akan membuat buah hati belajar menghargai benda yang dimilikinya di ruang pribadi. Dengan demikian, kelak ia akan terbiasa dan mampu menjaga kerapian dan kebersihan kamarnya dengan penuh kesadaran.

author
No Response

Leave a reply "Tips Praktis Merapikan Kamar Tidur Anak"