Acara Televisi Yang Baik Bagi Anak-anak

Acara Televisi Anak

Acara Televisi – Program acara televisi di Indonesia yang sedang digemari seperti infotainment, sinetron, musik, lawakan, dan berita. Beberapa contoh acara infotainment di RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) seperti Silet dan cek & ricek, seleb Expose (trans7),Insert (TransTv), Sentil(TransTv), Was-was SCTV (Surya Citra Televisi), Seleb on Cam di globalTV. untuk acara sinetron Angling Dharma Indosiar, Sinetron Adam Dan Hawa SCTV, Brama Kumbara Indosiar, Sinetron Ustad Fotocopy SCTV, Sinetron Kejar Tayang TransTV, Sinetron Raden Kian Santang MNCTV, Sinetron Putri Yang Di Tukar RCTI.

Acara Televisi Indonesia yang berbentuk sinetron lebih cenderung sering banyak ditayangkan untuk adegan-addegan yang bersifat seperti mengaduk-aduk perasaan, menyayat hati, kesedihan, perselingkuhan, intimidasi seseorang karena percintaan atau perebutan kekuasaan dan harta, bahkan seringkali peran utama adalah seorang anak kecil. Sebenarnya masih banyak bisa digali dari tema-tema yang positif agar sinetron banyak diliat pemirsa dan mempunyai kualitas mendidik yang baik.

Namun apakah acar televisi semacam itu baik untuk anak-anak? jawabannya : Tidak!. Bagi anak-anak acara televisi semacam itu tak ubahnya sebagia media pembelajaran yang cukup salah. Dalam beberapa tahun belakangan kita sering melihat berbagai macam kejahatan yang melibatkan anak-anak. Hal ini merupakan salah satu dampak buruk dari adanya televisi yang kurang berkualitas dalam menyajikan acaranya.

Lantas bagaimana tayangan televisi yang baik untuk anak-anak?

Acara televisi yang baik untuk anak-anak adalah yang tidak memiliki unsur dewasa, kekerasan, dan percintaan. Jika mendapati anak melihat acara televisi seperti itu, usahakan untuk menggantinya dengan channel yang lain.

Saat memilihkan program acara yang baik untuk anak, utamakan program anak-anak yang mendidik. Hindari konten program yang dewasa dan kasar dalam hal apapun. Cegah juga memilih program yang bisa menimpulkan masalah emosi pada anak.

Daripada memaksa anak untuk mengikuti aturan menonton tv dari Anda, tanyakan pendapat mereka agar lebih adil. Berikan mereka daftar program tv dan suruh mereka memilih sesuai keinginannya. Cara ini akan menunjukkan pada anak bahwa mereka diperbolehkan untuk menonton tv sebagaimana yang disetujui bersama.

Anda perlu mengenal berbagai program acara yang ada di layar televisi yang bermanfaat dan mendidik bagi anak-anak maupun remaja. Mengarahkan kaum remaja dan anak-anak untuk menyaksikan aneka tayangan program acara yang ada di layar televisi yang memiliki nilai edukatif, merupakan bagian dari upaya pendidikan yang dilakukan di lingkungan keluarga. Para orang tua merupakan sang pendidik terdekat terhadap para anggota keluarga. Menonton acara televisi yang sehat merupakan salah satu upaya memperbaiki kualitas pendidikan masyarakat.

No Response

Leave a reply "Acara Televisi Yang Baik Bagi Anak-anak"