2 Gerakan Senam Hamil di Dalam Air Yang Wajib Dicoba

gerakan senam hamil di dalam air

 

Rasa pegal-pegal terutama di daerah punggung dan pinggang merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir semua ibu hamil. Rasa kram otot tersebut pun akan semakin terasa saat Anda menginjak usia kehamilan lanjut. Hal tersebut disebabkan karena pinggul dan kaki Anda harus memanggul berat badan dari bayi Anda yang tumbuh semakin besar di dalam rahim. Untuk meredakan rasa pegal-pegal, banyak ahli yang menyarankan Anda untuk melakukan senam hamil, yaitu senam yang dilakukan di kolam renang. Senam hamil sangatlah menguntungkan karena saat Anda berada di dalam air, maka daya gravitasi bumi akan mengecil sehingga meringankan beban yang disangga oleh pinggul dan kaki Anda. Dan berikut adalah 2 jenis gerakan senam hamil di dalam air yang wajib untuk Anda coba.

  • Gerakan Floating Frog

Untuk melakukan gerakan senam hamil di dalam air ini, Anda membutuhkan alat bantu renang untuk mengapungkan badan Anda dengan rileks, contohnya adalah pool noodle. Caranya, pasangkan alat pelampung tersebut ke punggung bagian belakang dan tarik tiap ujung dari pool noodle ke arah luar dari sela-sela tangan. Selanjutnya, dengan menirukan gerakan kaki katak saat berenang, gerakkan kaki Anda dan atur pola pernapasan Anda dengan teratur.   Baca juga: Yuk, Simak Gejala Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Gerakan floating frog ini bertujuan untuk menguatkan bagian pundak, bokong, paha dan lengan. Lakukan gerakan senam ini secara rutin untuk melatih otot-otot di area tubuh tersebut sehingga dapat membantu Anda kelak saat masa persalinan tiba.

  • Gerakan Pendulum Cross

Tujuan dari gerakan Pendulum Cross ini adalah untuk melatih sekaligus memperkuat otot lengan, pundak, paha dan pantat ibu hamil. Untuk melakukan gerakan senam air ini Anda dapat mengambil posisi berdiri dengan kedua tangan berada di pinggul. Setelah itu, gerakkan perut ke atas dan ke bawah.

Ayunkan kaki kanan ke samping kanan dan ke kiri, sedangkan di saat yang sama ayunkan kedua tangan Anda ke arah yang berlawanan dari kaki Anda. Anda juga dapat menambahkan gerakan lompatan-lompatan kecil menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan.

Demikianlah 2  rekomendasi gerakan senam hamil di dalam air yang dapat Anda coba. Gerakan-gerakan senam ini hanya aman untuk Anda praktekkan saat melakukan senam air. Jangan sekali-kali melakukan gerakan ini sebagai gerakan senam biasa ya, Moms. Selamat mencoba, dan semoga artikel ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "2 Gerakan Senam Hamil di Dalam Air Yang Wajib Dicoba"