2 Gizi Penambah Energi Bantu Atasi Mual Hamil

mual hamil

Selamat pagi Bu, sudah sarapan belum hari ini? Apakah masih sering mengalami mual hamil? Yah, bukan suatu perkara mudah menjalani peranan sebagai wanita hamil. Pasalnya, banyak keluhan yang harus dihadapi dan dijalani terkait dengan perubahan fisik dan emosi.

Morning sickness menjadi salah satu hal yang banyak dikeluhkan ibu hamil. Gejala mual dan muntah ini sering dialami terutama saat pada trisemester pertama. Jika terlalu sering, tentu tubuh akan menjadi lemas dan lelah karena banyak mengeluarkan energi. Oleh karena itu, Anda membutuhkan banyak asupan gizi yang memasok sumber tenaga untuk tubuh. Informasi yang dilansir dari ibudanbalita.com perlu disimak dengan sebaik-baiknya. Yuk, baca informasi menarik berikut ini:

  • Protein

Mineral ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan energi harian. Tak hanya itu, protein juga mengandung asam amino yang baik untuk mendukung perkembangan saraf janin dan mengurangi risiko cacat lahir. Makanan yang banyak mengandung protein adalah telur, yogurt, susu, keju, daging, ayam, ikan dan seafood, tahu, kacang buncis, dan jenis kacang-kacangan lainnya. Anda bisa memadukan beragam sumber protein tersebut yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

  • Karbohidrat Kompleks

Seiring dengan pertambahan usia kehamilan, tentu kebutuhan energi semakin meningkat karena janin makin berkembang dan besar. Ketika hamil, usahakan tubuh tidak merasakan terlalu lemas meskipun sering mual dan muntah. Oleh karena itu, dokter menyarankan untuk banyak makan agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Makanan yang dipilih pun tidak bisa sembarangan. Karbohidrat kompleks sangat baik dikonsumsi selama hamil untuk memenuhi kebutuhan energi ibu hamil dan janin.

Sumber karbohidrat kompleks banyak terdapat pada beragam jenis sayuran hijau tua dan buah-buahan. Salah satu sayuran yang menyediakan karbohidrat kompleks adalah kentang. Olahlah kentang dengan cara yang benar agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak hilang atau berkurang. Mengukus dan memanggang kentang terbilang cara yang baik untuk menjaga keutuhan gizi dan menyehatkan.

Bukan hanya memenuhi kebutuhan gizi untuk memasok energi saja, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk mengurangi intensitas mual hamil. Perbanyak minum air putih, istirahat teratur, dan olahraga ringan agar kesehatan ibu hamil tetap terjamin. Pastikan setiap makanan yang dikonsumsi mengandung banyak nutrisi yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin. Mintalah saran pada dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan menu makanan yang bernutrisi. Selalu sehat, Bu!

author
No Response

Leave a reply "2 Gizi Penambah Energi Bantu Atasi Mual Hamil"