2 Manfaat Imunisasi Tetanus Bagi Ibu Hamil

No comment 1854 views

pregnant-women

Pernahkah Ibu melakukan imunisasi saat hamil? Imunisasi identik dengan bayi atau anak-anak agar mendapatkan perlindungan tambahan dari beragam penyakit yang membahayakan, misalnya saja campak. Namun, pencegahan tersebut tidak harus dilakukan saat bayi telah lahir. Ibu hamil juga bisa melakukan beberapa imunisasi agar si Kecil terhindar dari penyakit bahaya, seperti tetanus.

Mengapa ibu hamil dianjurkan imunisasi TT (Tetanus Toxoid)? Imunisasi tetanus toksoid merupakan proses untuk membangun kekebalan sebagai upaya pencegahan terhadap virus tetanus. Vaksin tetanus akan melemahkan toksin kuman tersebut dan menstabilkan lagi kondisi tubuh. Ibu hamil bisa secara rutin melakukan imunisasi mulai dari trisemester I hingga III. Berikut ini manfaat imunsasi TT untuk wanita hamil:

  • Melindungi Bayi Lahir dari Tetanus Neonatorum

Neonatorum adalah penyakit tetanus yang yang menyerang bayi berusia kurang dari 1 bulan. Penyakit ini disebabkan oleh clostridium tetani yaitu kuman yang mengeluarkan toksin atau racun yang menyerang sistem saraf pusat.

  • Melindungi Ibu Hamil dari Bahaya Tetanus

Dengan melakukan antisipasi sebelum melahirkan, ibu hamil dan janin bisa terhindar dari bahaya serangan tetanus maternal dan tetanus neronatorum. Bakteri ini cukup berbahaya karena menyerang saraf pusat.

Serangan tetanus pada anak-anak biasanya dikarenakan proses persalinan berlangsung di tempat yang kurang bersih serta penggunaan alat tidak steril. Ibu hamil yang mungkin terluka sebelum melahirkan dan terserang bakteri ini memberikan risiko besar terjadi penularan pada bayi. Untuk itu, menjaga kebersihan merupakan faktor utama yang harus diperhatikan.

Setelah Ibu melakukan imunisasi TT, biasanya timbul efek samping setelah penyuntikan. Timbulnya gejala-gejala ringan, seperti nyeri, kemerahan, dan pembengkakan pada tempat suntikan. Meskipun menimbulkan dampak, tetapi TT cukup aman untuk wanita hamil dan tidak membahayakan kesehatannya.

Efek samping ini berlangsung selama 1-2 hari dan akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan lebih lanjut. Untuk itu, Ibu jangan ragu untuk melakukan imunisasi TT selama hamil ini gara si Kecil lahir dengan selamat dan aman dari serangan infekti tetanus.

Imunisasi TT bisa dilakukan di puskesmas, puskesmas pembantu, rumah sakit umum, rumah sakit bersalin, polindes, posyandu, dan beberapa rumah sakit swasta yang menyediakan layanan ini. Ayo Bu, ajarkan hidup sehat pada si Kecil sejak ia berada di dalam kandungan ya!

 

author
No Response

Leave a reply "2 Manfaat Imunisasi Tetanus Bagi Ibu Hamil"