3 Bulan Pertama Hamil, Yuk, Ketahui Fase Pertumbuhan Janin!

Kembar siam4

Anda hamil? Dari minggu ke minggu, janin dalam rahim akan terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Penting bagi ibu hamil untuk terus memantau perkembangan janin ini untuk mengetahui sejauh mana calon buah hatinya itu berkembang. Terlebih, pada 3 bulan pertama kehamilan, janin sangat membutuhkan banyak nutrisi untuk bertumbuh.

Perkembangan janin 3 bulan ini terhitung sejak usia kehamilan memasuki minggu ke sembilan hingga minggu ke sebelas. Umumnya, memasuki minggu ke-9 ibu hamil sudah bisa mengetahui jenis kelamin calon buah hati. Nah, agar lebih jelasnya, berikut ini adalah fase perkembangan janin usia 3 bulan. Apa saja ya? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini:

  1. Memasuki minggu ke-9

Selain jenis kelamin sudah bisa diketahui terlebih jika laki-laki, pada minggu kesembilan ini idealnya pertumbuhan janin sudah mulai menujunjukkan kelengkapan bagian-bagian tubuhnya. Misalnya pada fase ini, mulut dan hidung sudah mulai terlihat, tungkai dan lengan mulai bertumbuh, janin sudah bisa membuka dan menutup mulutnya, serta ia sudah mulai berlatih untuk melakukan gerakan menelan dan menghisap.

Gerakan menelan ini biasanya dilakukan janin dengan intensitas 25 kali selama satu jam. Selain itu, gerakan lain juga sudah mulai dilakukan janin seperti menggerakkan tangan dan tak lagi bergantung pada gerakan tubuh. Idealnya, pada minggu kesembilan ini janin memiliki berat dan panjang kisaran 20 gram dan 39 mm dimana pada minggu ini kulit sedang menuju penyermpurnaan fungsi dan bentuknya.

  1. Memasuki minggu ke-10

Jika janin yang dikandung berjenis kelamin perempuan, biasanya baru akan terlihat pada usia kehamilan ini. Pada fase ini, tulang janin sudah mulai menggantikan tulang muda (kartilago) dan otot-ototnya berkembang dengan cepat, termasuk otot leher. Selain otot, otak janin juga sudah mulai berkembang pesat sehingga proporsi kepala menjadi lebih besar dibandingkan dengan tubuhnya.

Dengan kondisi otak, otot, dan juga saraf yang sudah demikian matang, janin pada fase ini telah mampu menerima dan mengirim pesan dari otak dan melakukan gerakan refleks. Pada minggu ke sepuluh ini juga ibu hamil biasanya akan dapat merasakan seperti mendapat tendangan dari janin.

  1. Memasuki minggu ke-11

Pada masa ini, pertumbuhan janin sudah mulai melengkapi organ mata. Jaringan tangan dan kaki juga sudah bertumbuh meskipun belum sepenuhnya disatukan jaringan kulit. Janin juga pada masa ini mulai bisa melakukan gerakan seperti menggeliat, meluruskan tubuh, ataupun menundukkan kepala.

Selain itu, pada minggu ke sebelas ini janin juga memungkinkan untuk mengubah posisinya memutar atau gerakan lain mengubah posisinya yang terkadang terasa menyakitkan sekaligus membahagiakan bagi ibu hamil.

  1. Memasuki minggu ke-12

Pada masa ini, idealnya panjang janin sudah mencapai sekitar 8 cm. Selain itu, organ-organ tubuh janin sudah terbentuk mendekati sempurna. Ibu hamil akan mulai bisa merasakan sensasi tendangan janin lebih jelas. Kabar bahagianya, pada minggu terakhir bulan ketiga ini, biasanya rasa mual dan muntah yang tak membuat nyaman selama hamil sudah mulai berkurang atau bahkan hilang.

Itulah beberapa tahap perkembangan janin pada usia kehamilan 3 bulan. Pantau terus tumbuh kembang janin dan jangan lupa selalu cukupkan kebutuhan terbaiknya, baik nutrisi, kenyamanan, maupun kesehatannya!

author
No Response

Leave a reply "3 Bulan Pertama Hamil, Yuk, Ketahui Fase Pertumbuhan Janin!"