3 Efek Buruk Akibat Wanita Hamil Kurang Gizi

gizi ibu hamil

Sudah tahukah Anda berapa kebutuhan harian gizi ibu hamil? Mengetahui jumlah kecukupan nutrisi harian merupakan salah satu alasan mengapa seorang wanita hamil harus rutin berkonsultasi ke dokter. Anda yang saat ini sedang mengandung tentu saja dituntut untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari untuk menunjang perkembangan janin secara optimal.

Beragam sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral harus Anda konsumsi sepanjang hari demi menyehatkan janin. Dukungan dari kudapan yang Anda makan akan membantu janin untuk berkembang lebih baik. Bagaimana jika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi atau kurang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak dampak gizi buruk ibu hamil berikut ini:

  • Bayi lahir dengan berat badan rendah

Kurangnya asupan gizi ibu hamil membawa dampak yang begitu signifikan untuk buah hati yang saat ini masih dalam kandungan. Mineral dan vitamin sangatlah penting untuk menunjang perkembangannya selama dalam rahim. Jika nutrisi untuk janin kurang atau tidak terpenuhi, tentu saja akan memperburuk pertumbuhan dan berat badannya. Selain itu, janin tidak memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga rawan dengan serangan penyakit.

  • Risiko IQ rendah

Malnutrisi atau kurangnya nutrisi saat hamil tidak hanya mempengaruhi perkembangannya selama di dalam rahim saja. Buruknya asupan gizi akan berdampak pada perkembangan janin selama hidupnya. Hal inilah yang membahayakan perkembangan kemampuan kognitif anak sehingga menurunkan IQ-nya. Untuk itu, ibu hamil diwajibkan mengonsumsi makanan yang kaya gizi agar perkembangan otak janin sempurna.

  • Keterlambatan pertumbuhan

Ibu hamil yang kurang mengonsumsi makanan bergizi tentu berisiko menyebabkan keterlambatan pertumbuhan si Kecil. Selain itu, anak bisa jadi terancam penglihtan buruk, kesulitan belajar, dan rentan terhadap berbagai serangan penyakit. Kurangnya asupan gizi juga menyebabkan ibu hamil terserang anemia yang meningkatkan risiko kematian ibu dan bayi saat proses persalinan. Bahkan, janin bisa saja meninggal di dalam kandungan karena kurangnya asupan oksigen dalam tubuhnya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa terjadi akibat gizi ibu hamil yang tidak terpenuhi dengan baik. Pastikan selama hamil selalu mengonsumsi kudapan sehat agar si Kecil tumbuh dengan maksimal. Jangan lupa juga rutin berkonsultasi dengan dokter untuk memantau perkembangan janin tiap trimester. Anda juga perlu meminta saran ahli gizi agar mendapatkan menu sehat yang bisa dikonsumsi selama hamil. Yuk, jaga kehamilan dengan mengonsumsi makanan bergizi!

author
No Response

Leave a reply "3 Efek Buruk Akibat Wanita Hamil Kurang Gizi"