3 Gizi Ibu Hamil yang Bikin Bayi Jadi ‘Super’

sayuran

Pernahkah Anda berpikir mengenai gizi ibu hamil? Yup, seorang ibu harus memikirkan makanan apa yang akan dikonsumsinya setiap hari sejak mengetahui bahwa dirinya tengah hamil. Zat gizi yang dikonsumsi sang ibu akan membantu pertumbuhan janin hingga seluruh bagian tubuhnya terbentuk dengan lengkap dan mampu bekerja dengan optimal. Tentu saja kebutuhan nutrisi selama hamil ini jauh lebih banyak ketimbang saat tidak hamil.

Bukan hanya untuk kesehatan janin saja, tetapi kestabilan tubuh Anda juga menjadi prioritas mengingat di masa mengandung akan membutuhkan lebih banyak energi. Usia kehamilan yang semakin bertambah tentu akan mempengaruhi kebutuhan kalori di dalam tubuh sehingga Anda membutuhkan asupan gizi yang baik. Untuk itu, Anda perlu mengetahui 3 nutrisi penting berikut ini:

  • Asam Folat

Apa peranan penting asam folat untuk pertumbuhan  janin? Folat merupakan zat yang akan membantu mencegah neural tube defect yatu cacat pada otak dan tulang belakang. Dengan asupan folat yang baik, tentu saja menjauhkan si Kecil dari cacat bawaan pada susunan saraf pusatnya. Asam folat ini juga membantu si Kecil untuk tumbuh cerdas lho, Bu!

Sumber asupan folat banyak terdapat pada kacang-kacangan, sayuran hijau gelap, jeruk, pisang, wortel, dan tomat. Kebutuhan folat selama hamil yaitu sebanyak 800 mikrogram/hari.

  • Protein

Anda yang saat ini sedang mengandung harus mengetahui peran penting protein untuk janin yaitu membantu membangun sel-sel baru dan membentuk hormon ibu hamil. Pastinya, memenuhi kebutuhan protein selama hamil akan menyiapkan janin untuk tumbuh sehat.

Sumber makanan yang banyak mengandung protein adalah daging sapi, ikan, telur, susu, dan keju. Protein nabati terdapat pada kacang-kacangan dan produk olahannya seperti tahu, tempe, serta tofu.

  • Kalsium

Kalsium memegang peranan penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta membantu menguatkan tulang ibu hamil. Jika asupan kalsium saat hamil sangat terbatas, maka janin akan menyerap persediaan kalsium dalam tubuh sehingga Anda akan menderita oesteoporosis. Sumber kalsium yang baik banyak terdapat pada keju, yoghurt, brokoli dan kacang-kacangan.

Ayo, penuhi kebutuhan gizi ibu hamil sejak Anda tahu berita bahagia tersebut. Mintalah pendapat dokter atau ahli gizi agar lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Cobalah untuk mengkreasikan berbagai jenis bahan makanan bergizi menjadi olahan lezat setiap harinya!

author
No Response

Leave a reply "3 Gizi Ibu Hamil yang Bikin Bayi Jadi ‘Super’"