3 Jenis Kacang Ini Baik untuk Kudapan Ibu Hamil

kacang-kacangan

Menyiapkan makanan ibu hamil yang sehat dan bergizi merupakan suatu kewajiban selama masa sembilan bulan ini. Kebutuhan nutrisi saat hamil memang harus dipenuhi dengan baik untuk mendukung pertumbuhan janin dan memelihara kesehatan wanita hamil. Oleh karena itu, Anda harus selektif untuk memilih kudapan sehat agar si Kecil lahir dengan selamat dan sempurna.

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama hamil. Banyaknya kandungan nutrisi baik di dalamnya akan memberikan suntikan gizi untuk menopang perkembangan janin. Terdapat 3 jenis kacang-kacangan yang cocok untuk makanan ibu hamil seperti berikut ini:

  • Kacang Hijau

Kacang hijau kaya akan kandungan serat, asam folat, kalsium, fosfor, lemak, vitamin B1 dan B2, protein, serta karbohidrat. Serat kacang hijau akan membantu memperlancar sistem pencernaan serta memelihara kesehatan saluran cerna. Dengan begitu, kacang hijau dapat menurunkan risiko sembelit yang biasa mengintai ibu hamil.

Asam folat sangat baik untuk membantu perkembangan sistem saraf janin serta mencegah cacat bawaan, seperti kelainan bibir sumbing dan jantung. Sedangkan kalsium dan fosfor berguna untuk pertumbuhan tulang serta memelihara kesehatan gigi. Jika kebutuhan kalsium dan fosfor ibu hamil tidak tercukupi, maka janin akan mengambil cadangan tersebut dari tubuh ibu hamil sehingga meningkatkan risiko oesteoporosis.

Vitamin B1 dan B2 yang terdapat di dalam kacang hijau bermanfaat untuk membantu penyerapan protein, pertumbuhan janin, serta membantu untuk memaksimalkan fungsi saraf. Kekurangan B1 dan B2 dapat meningkatkan risiko beri-beri, mudah lelah, dan konstipasi.

  • Kacang Merah

Salah satu jenis kacang ini bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan mencegah kolesterol. Kandungan karbohidratnya juga dapat mencegah risiko diabetes selama hamil. Kacang ini banyak mengandung zat besi untuk pematangan sel darah merah  yang sangat dibutuhkan ibu hamil dalam menyalurkan sari makanan ke janin. Omega-3 dan Omega-6 juga banyak terdapat di kacang merah lho!

  • Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kudapan sehat yang paling banyak dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, kacang ini banyak ditemui dalam bentuk olahan seperti tempe, tahu, dan susu kedelai. Kandungan nutrisi yang dimilikinya pun cukup beragam seperti hidrat arang kompleks, asam amino esensial, kalsium, dan isoflavon.

Tiga jenis kacang tersebut tentu mudah sekali disulap menjadi makanan ibu hamil. Kedelai bisa Anda olah menjadi sayur dengan mencampurkan sayuran sehat lainnya. Kacang hijau bisa diolah menjadi kolak yang cocok sebagai camilan sehat sebagai hidangan penutup makan malam. Sedangkan kacang merah bisa Anda kreasikan menjadi campuran bubur atau cake. Pilih kudapan sehat, ya!

author
No Response

Leave a reply "3 Jenis Kacang Ini Baik untuk Kudapan Ibu Hamil"