5 Latihan Sederhana Ini Cocok untuk Senam Hamil

senam hamil

Senam Hamil – Halo Moms, sudah berapa bulan usia kehamilan saat ini? Apakah Anda rajin melakukan aktivitas yang menyehatkan seperti senam hamil. Selama kehamilan ini, tak hanya nutrisi saja yang harus dipenuhi dengan baik, tetapi aktivitas ringan yang menyehatkan juga diwajibkan.

Tak perlu harus datang ke tempat-tempat kebugaran untuk wanita hamil, cukup melakukannya sendiri di rumah secara rutin. Aktivitas sederhana apa saja sih yang menyehatkan ibu hamil? Yuk, simak informasi menarik dari katalogibu.com berikut ini: (Baca juga: Apakah Nutrisi Balita Sudah Terpenuhi dengan Baik?)

Jenis Latihan Gerakan Senam Hamil Di Rumah

  • Berdiri Bertumpu

Mulailah dengan memposisikan badan dalam keadaan berdiri tegak. Kemudian, jadikan kursi yang kuat untuk menjadi tumpuan dari salah satu tangan. Bukalah kedua kaki dengan lebar dengan membentuk sudut 45 derajat. Tekuklah lutut secara perlahan kemudian turunkan tubuh serendah mungkin. Jagalah posisi punggung tetap lurus selama melakukan gerakan ini.

Angkat kembali tubuh dan luruskan kaki di posisi awal. Ulangilah gerakan ini selama 10-20 detik. Gerakan ini cocok untuk melatih otot paha bagain belakang dan pantat. Keseimbangan tubuh pun juga akan terlatih dengan rutin melakukan gerakan ini 3-4 kali seminggu.

  • Jongkok

Posisikan tubuh dengan punggung dalam kondisi lurus sehingga membentuk garis lurus antara kepala dan pantat. Turunkan badan secara perlahan hingga posisi jongkok. Tahanlah posisi tersebut beberapa saat hingga kurang lebih selama 10 detik.

Angkat tubuh secara perlahan dan berdirilah dengan tegak. Gerakan ini cukup aman untuk dilakukan setiap hari sehingga bisa dilakukan berkali-kali. Gerakan jongkok ini dipercaya dapat memudahkan persalinan dan memperkuat otot paha dan panggul. Anda juga bisa membarengi gerakan sederhana ini dengan mengepel lantai.

  • Duduk

Gerakan ini bisa dilakukan sambil menonton televisi atau membaca majalah. Posisi duduk ini dapat dilakukan di atas lantai dengan memposisikan punggung bersandar pada dinding dan lutut yang ditekuk. Saat melakukan senam hamil ini, rapatkan telapak kaki dengan baik.\

Angkat dan turunkan lutut hingga menyentuh lantai dan telapak kaki yang masih bersentuhan. Tahan gerakan sederhana ini selama 10-20 detik saja untuk memeroleh manfaatnya, yaitu mengencangkan otot paha dan membuat tubuh lebih rileks.

  • Push-up dinding

Senam hamil selanjut nya yaitu push up dinding bun, dan gerakan ini sangatlah bermanfaat memperkuat otot dada dan otot trisep pada bagian belakang lengan atas bunda. Langkah langkah gerakan nya sendiri yaitu:

Pertama, yaitu dengan berdiri menghadap tembok dengan kedua tangan lurus bersandar pada dinding, dan dari samping, tubuh nampak mencondong ke depan, seperti sedang mendorong dinding, lalu buka kaki sejajar dengan bahu.

Kedua yaitu dengan menekuk siku perlahan-lahan dan dekatkan dada hingga dagu mendekat ke dinding, dan jagalah agar punggung Anda tetap lurus.

Kemudian, kembalilah ke posisi semula, dan ulangi hingga 15 kali.

  • Sambil Berbaring

Gerakan senam yang selanjutnya berguna untuk memperkuat paha bagian dalam. Caranya, berbaringlah sambil menghadap ke arah kanan, kepala dilandasi oleh tangan kanan, dengan kedua kaki ditekuk. Gunakan tangan kiri sebagai penopang keseimbangan, kemudian buka kaki ke arah atas sehingga lutut kiri kini menghadap atas. Lakukan 1 set, kemudian ulangi untuk sisi sebaliknya.

Mudah kan, melakukan senam hamil di rumah? Oleh karena itu, meski tengah sibuk menjadi wanita karir, tak ada salahnya jika mencoba melakukan gerakan-gerakan sederhana tersebut di sela-sela aktivitas Anda. Sebab, senam hamil sangat baik untuk menjaga kebugaran ibu hamil lho!

author
No Response

Leave a reply "5 Latihan Sederhana Ini Cocok untuk Senam Hamil"