3 Pantangan Kehamilan Untuk Menjaga Kesehatan Saat Hamil

_8ff148f6-f92b-11e6-ab12-d7625b180dd1

Bagi sebagian besar wanita, kehamilan merupakan momen yang sangat membahagiakan. Setiap ibu hamil pasti menginginkan agar kehamilan mereka berlangsung tanpa hambatan, janin yang ada di dalam kandungan mereka tumbuh sehat, dan berujung pada proses persalinan yang lancar. Oleh karena itu, Anda tentunya akan mengusahakan yang terbaik untuk bayi Anda. Tapi, tidak hanya pengetahuan tentang makanan yang bergizi saja. Anda juga wajib tahu beberapa pantangan yang harus diperhatikan demi menjaga kesehatan saat hamil.
• Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Mungkin selama ini minuman beralkohol sudah seperti sahabat Anda yang tidak terpisahkan. Namun saat Anda hamil, sepertinya Anda harus ‘bercerai’ terlebih dahulu dengan kebiasaan minum minuman beralkohol. Not even wine!

Kandungan kimia penyusun minuman beralkohol dapat masuk ke dalam tubuh bayi dan mengakibatkan hambatan terhadap perkembangan organ-organ vitalnya. Janin Anda bisa saja mengalami kerusakan organ hati, atau bayi dapat terlahir dalam keadaan cacat. Maka dari itu, mengkonsumsi alkohol barang segelas saja sama sekali tidak direkomendasikan bagi seorang ibu hamil.
• Merokok
Merokok tidak pernah menjadi hal yang keren, apalagi jika yang melakukannya adaalh seorang ibu hamil. Ibu hamil harus sangat berhati-hati agar ia tidak terekspos oleh asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun sebagai second-hand smoker. Asap rokok mengandung karbon monoksida yang dapat mengakibatkan kanker mulut dan kanker paru-paru.

Selain itu kandungan nikotin di dalam rokok bersifat racun yang dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi kehamilan. Mulai dari kelahiran prematur, bayi terlahir dengan berat badan rendah, bayi terkena infeksi permasalahan, hingga keguguran dan sindrom kematian bayi mendadak.
• Membersihkan Kotoran Kucing
Anda mungkin sering mendengar bahwa kucing dapat mengakibatkan Anda terinfeksi penyakit Toksoplasmosis dan menyebabkan keguguran dan bayi terlahir cacat. Hmmm, hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar, Moms. Memang benar, toksoplasmosis merupakan penyakit kehamilan yang dapat mengakibatkan komplikasi kehamilan sehingga mengakibatkan bayi menjadi cacat atau keguguran. Dan memang benar, kucing merupakan salah satu induk inang dari parasit ini.

Namun salah kaprah jika Anda sampai membuang kucing Anda hanya gara-gara itu. Karena sebenarnya hal yang harus Anda hindari bukan kucing Anda, melainkan hanya kotorannya. Ya, Toksoplasma Gondii hanya tinggal di dalam usus besar kucing sehingga satu-satunya cara penularan adalah jika Anda menyentuh kotoran kucing dengan tangan Anda. Untuk lebih amannya, Anda dapat meminta tolong pasangan Anda untuk membersihkan litterbox milik kucing Anda. Sedangkan Anda sendiri dapat bersantai sambil memeluk kucing kesayangan Anda.
Demikianlah 3 pantangan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan saat hamil. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "3 Pantangan Kehamilan Untuk Menjaga Kesehatan Saat Hamil"