3 Tips Untuk Mengurangi Nyeri Kontraksi

No comment 1348 views

Moms, Yuk Ketahui Penyebab Masalah Kesuburan Berikut

Sejak masa-masa awal kehamilan tentu Anda sudah menanti-nanti hingga saat ini tiba. Ya, saat ini pada akhirnya Anda menginjak usia kehamilan trimester akhir, yaitu bulan ke-9. Anda pun sudah mulai menerima pemberitahuan mengenai perkiraan dari tanggal lahir bayi Anda. Rasa bahagia dan haru tentu bercampur aduk di dalam dada. Salah satu gejala kehamilan yang umum dirasakan oleh ibu hamil di usia kehamilan tua ini adalah kontraksi. Baik itu kontraksi asli maupun kontraksi palsu, kedua kontraksi tersebut cukup mengganggu kenyamanan, bahkan tidak jarang rasa panik pun terbersit di dalam pikiran Anda. Stay calm, Mom. Karena kami akan membagikan tentang tips untuk mengurangi nyeri kontraksi di bawah ini.

  • Berpikir Positif

Salah satu tips untuk mengurangi nyeri kontraksi yang ampuh adalah dengan memusatkan pikiran Anda untuk berpikir positif. Saat Anda merasakan kontraksi, terutama kontraksi yang Anda rasakan selama proses persalinan, Anda akan disergap dengan rasa sakit, panik dan takut.

Perasaan-perasaan negatif tersebut justru dapat membuat otot perut Anda menegang dan menambah rasa sakit yang Anda derita. Anda perlu membuang jauh-jauh berbagai macam pikiran negatif yang menggelayut di pikiran Anda dan menggantinya dengan pikiran-pikiran positif yang menyenangkan. Pilihlah posisi duduk atau berbaring yang nyaman, lepaskan tekanan pada pundak Anda dan mulailah bernapas secara perlahan.  Baca juga: Mengatasi Keluhan-Keluhan Yang Terjadi Pada Masa Kehamilan

Pikirkanlah bahwa persalinan yang akan Anda jalani akan berlangsung dengan lancar dan bayi Anda akan terlahir dalam keadaan selamat. Pikirkan juga tentang berbagai rencana yang Anda persiapkan bersama suami dan buah hati Anda. Pikiran yang positif akan membuat tubuh menjadi lebih rileks, otot-otot yang meregang pun menjadi lebih lemas sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

  • Berendam di Dalam Air Hangat

Saat kontraksi kembali terasa, Anda dapat memanjakan diri Anda dengan berendam di dalam bath tub berisikan air hangat. Air hangat telah lama diketahui khasiatnya dalam melemaskan dan merilekskan otot-otot tubuh yang tegang. Air hangat juga dapat membantu meringankan rasa pegal-pegal pada area sendi-sendi tubuh.

  • Melakukan Pemijatan

Salah satu trik sederhana dalam mengatasi rasa kram akibat kontraksi mendekati masa persalinan adalah dengan meminta bantuan dari pasangan untuk memijat punggung Anda. Selain pinggul, area tubuh lain yang aman untuk dilakukan proses pemijatan adalah bagian pinggul. Jangan sekali-sekali memijat perut karena hal tersebut dapat mengakibatkan tali plasenta terlepas atau bahkan memicu kelahiran bayi prematur.

Demikianlah beberapa tips untuk mengurangi nyeri kontraksi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi  Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "3 Tips Untuk Mengurangi Nyeri Kontraksi"