3 Vitamin Penting Ibu Hamil

No comment 1171 views

sayur

Pagi Moms, bagaimana kabar kehamilan hari ini? Apakah Anda selalu memperhatikan gizi ibu hamil yang dikonsumsi? Kebutuhan nutrisi selama kehamilan harus menjadi prioritas utama. Sebab, pemenuhan gizi saat hamil akan membantu menjaga kesehatan Mama dan janinnya. Pertumbuhannya bisa maksimal sehingga si Kecil lahir dengan sehat dan menggemaskan.

Sudah tahukan Mama 3 vitamin yang dibutuhkan ibu hamil? Vitamin tentunya bukan zat asing lagi kan Ma. Seorang wanita membutuhkan suntikan vitamin dengan baik untuk menjaga stabilitas tubuhnya, tetapi saat hamil kebutuhannya semakin meningkat. Apabila persediaan dalam tubuh ibu hamil sangat terbatas atau sedikit, maka akan mempengaruhi perkembangan janin yang saat ini sedang proses menyempurnakan organnya. Inilah 5 vitamin yang harus dipenuhi ibu hamil:

  • Vitamin A

Tahukah Anda peranan vitamin A? Yup, vitamin ini berperan dalam pertumbuhan sel dan jaringan. Selain itu, vitamin ini akan mendukung pertumbuhan gigi serta tulang lho Ma. Kesehatan mata, kulit, dan rambut wanita hamil akan tetap terjaga kesehatannya dengan pemenuhan vitamin A dengan baik.

Ibu hamil membutuhkan vitamin A sekitar 200 RE/ hari. jumlah ini lebih tinggi dibandingkan saat ibu tidak sedang hamil. Para ahli merekomendasikan asupan vitamin A agar terpenuhi dengan baik karena bisa mencegah cacat bawaan lahir. Sumber vitamin A banyak terdapat pada wortel, tomat, minyak ikan, dan kuning telur.

  • Vitamin B12

Nah, jangan meremekan kebutuhan vitamin B12 ya Ma. Vitamin ini sangat penting untuk perkembangan saraf dan membantu menyempurnakan fungsi otak janin. Ibu hamil harus banyak mengonsumsi kudapan yang mengandung vitamin B12 demi mencegah kelainan saraf dan otak. Sumber terbaik vitamin B12 adalah tempe, tauco, kecap, dan oncom.

  • Vitamin C

Apa yang terjadi jika wanita hamil kurang mengonsumsi vitamin C? Defisiensi vitamin C dapat menyebabkan keracunan kehamilan, ketuban pecah dini, dan mengakibatkan aborsi zat besi non hem. Vitamin C ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya rupture membrane yaitu bahan semen jaringan ikat dan pembuluh darah. Kebutuhan vitamin C selam hamil adalah sebesar 10 mg/ hari. Sumber terbaik vitamin C banyak terdapat pada jeruk, sayuran hijau, tomat, dan wortel.

Sudahkan Anda memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil hari ini? Ayo Ma, berikan kudapan terbaik yang kaya nutrisi selama hamil ini. Anda bisa mengonsultasikan pada dokter dan ahli gizi untuk mendapat menu makanan harian yang kaya gizi. Konsumsi makanan sehat ya Ma.

author
No Response

Leave a reply "3 Vitamin Penting Ibu Hamil"