4 Alasan Ini Pemicu Tumbuh Kembang Balita Lambat

tumbuh kembang balita

Tumbuh kembang balita– Orang tua mana yang tidak peduli dengan pertumbuhan anaknya? Pastinya tidak ada orang tua menelantarkan anaknya dan membiarkannya tumbuh sendiri. Setiap tingkah laku si Kecil akan menjadi perhatian khusus bahkan beberapa orang tua juga mendokumentasikannya.

Lantas, bagaimana jika saat ini ia mengalami keterlambatan? Lambat dalam beberapa tahapan tumbuh kembang balita bukanlah suatu hal yang tidak bisa diatasi Bu. Untuk itu, Anda perlu mengantisipasi beberapa hal yang bisa menjadi penyebab keterlambatan pertumbuhannya seperti berikut ini:

  • Anak susah makan

Beberapa ibu dipusingkan dengan balita yang susah makan. Sering kali si Kecil menolak suapan Anda dan tidak menghabiskan porsi makannya. Jika hal ini terjadi, jangan biarkan masalah ini berlarut-larut karena bisa menyebabkan pertumbuhannya lambat. Berikan pancingan dengan membentuk kudapan menjadi karakter favoritnya sehingga ia tertantang untuk melahapnya hingga tak tersisa. Anda juga bisa menyelipkan suplemen penambah nafsu makan untuk mengatasi rewelnya si Kecil saat bersantap.

  • Kurang protein

Mungkin beberapa ibu sangat lega jika anaknya telah menghabiskan porsi kudapannya. Tetapi, ada hal penting yang perlu Ibu perhatikan yaitu asupan nutrisinya yang mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Protein sebagai salah satu sumber gizi yang mendukung tumbuh kembang balita juga penting Anda perhatikan. Lihat komposisi menu kudapannya agar kecukupan gizi harian si Kecil terpenuhi dengan baik.

  • Kurang tidur

Jangan menyepelekan kualitas tidur si Kecil ya Bu. Memang, balita membutuhkan tidur lebih lama daripada orang dewasa. Kualitas tidurnya juga menyokong pertumbuhan dan perkembangannya secara maksimal. Anda perlu menyiapkan suasana yang eksklusif sehingga si Kecil bisa tidur dengan nyenyak tanpa adanya gangguan dari luar. Seringlah menengok tidurnya mungkin saja ada beberapa hal yang mengganggu, misalnya serangan nyamuk.

  • Sering jatuh sakit

Si Kecil yang sering jatuh sakit tentu menunjukkan daya imunnya sangat rendah. Ketika ia sakit, nafsu makannya akan berkurang sehingga kebutuhan gizi untuk masa penyembuhannya juga tidak bisa terpenuhi dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, berikan suplemen tambahan yang membantu membangun daya tahan tubuhnya lebih baik.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa mengganggu tumbuh kembang balita. Jika Ibu melihat adanya gejala keterlambatan, segeralah memeriksakan si Kecil ke dokter untuk diberi penanganan lebih lanjut. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya agar pertumbuhannya berlangsung optimal.

author
No Response

Leave a reply "4 Alasan Ini Pemicu Tumbuh Kembang Balita Lambat"