4 Cara Bantu Tidur Lelap untuk Ibu Hamil 4 Bulan!

4 Cara Bantu Tidur Lelap untuk Ibu Hamil 4 Bulan!

Posisi tidur ibu hamil 4 bulan – Ketika usia kehamilan Anda baru memasuki minggu – minggu awal untuk tidur tentunya tidak akan merasa kesulitan karena perut belum begitu membesar, posisi tidur ibu hamil muda tidak akan membuat Anda kesulitan sebab diusia ini Anda dapat tidur seperti biasanya.

Namun ketika menginjak usia kehamilan 4 bulan Anda akan merasa sedikit was – was dan khawatir dengan posisi tidur karena terbayang dalam benak Anda bagaimana keadaan bayi dalam kandungan. Hal inilah yang membuat tidur menjadi tidak nyaman sehingga ibu hamil menjadi kurang beristirahat, padahal tidur yang cukup merupakan kebutuhan ibu hamil. Untuk Anda yang kehamilannya sudah menginjak trimester kedua tak perlu khawatir, berikut posisi tidur ibu hamil 4 bulan yang aman.

Tips tidur aman dan nyaman kehamilan 4 bulan

1. Posisi menyamping
Posisi tidur ibu hamil 4 bulan yang aman yaitu dengan tubuh yang menyamping karena usia kehamilan ini janin sudah mulai membesar jadi untuk mengurangi jumlah tekanan pada rahim, ibu hamil lebih baik tidur dalam posisi menyamping. Selain itu tidur dengan posisi menyamping dapat membantu ibu hamil bernapas dengan baik dan mengurangi resiko sakit punggung karena tekanan dari janin.

2. Tambahan bantal
Untuk membuat ibu hamil tidur dengan nyaman sebaiknya menggunakan bantal tambahan yang diletakan pada kepala dan tubuh bagian atas, hal ini bertujuan agar membantu mempermudah pernapasan ketika tidur dan mengurangi tekanan pada diafragma.

3. Tempat yang nyaman
Kunci untuk tidur yang nyaman yaitu tempat yang digunakan untuk tidur harus nyaman pula, untuk itu Anda harus membuat tempat tidur senyaman mungkin dengan menyediakan bantalan – bantalan yang empuk yang dapat digunakan untuk menopang tulang belakang dan pilihlah kasur yang memberi dukungan kenyamanan untuk tubuh Anda agar terhindar dari sakit otot dan punggung.

4. Pencahayaan
Agar tidur nyaman Anda harus menjaga pencahayaan agar tidak terlalu gelap ataupun terlalu terang. Cahaya yang terlalu terang dapat mengganggu tidur Anda dan menghambat produksi hormon melatonin, untuk itu Anda dapat memasang lampu tidur.

Dengan posisi tidur ibu hamil 4 bulan yang benar dapat dipastikan tidur menjadi berkualtias sehingga kesehatan ibu hamil bisa terjaga. Ibu hamil juga disarankan untuk tidak makan camilan terlalu malam karena dapat membuat sulit tidur. Baca juga : Beberapa Pemeriksaan Yang Perlu Dilakukan Ibu Hamil

 

author
No Response

Leave a reply "4 Cara Bantu Tidur Lelap untuk Ibu Hamil 4 Bulan!"