4 Cara Mengatasi Nyeri Persalinan Tanpa Suntik Bius

Momen persalinan tinggal menghitung hari, dan pastinya Bunda merasakan berbagai macam luapan emosi. Rasa bahagia dan pastinya sedikit rasa khawatir dan takut tentu bercampur aduk di dalam benak Anda, apalagi jika Anda akan melakukan proses persalinan normal. Salah satu momok yang paling sering jadi gambaran umum dari persalinan normal adalah rasa nyeri akibat kontraksi yang sangat hebat. Untuk menghentikan rasa nyeri tersebut Anda bisa meminta suntikan bius sehingga Anda tidak merasakan sakit akibat kontraksi. Tapi selain suntikan, sebenarnya ada cara mengatasi nyeri persalinan yang lain, lho.

  • Berendam Air Hangat

Jika rumah sakit bersalin tempat Anda dirawat tersedia kamar mandi dengan bathtub, maka Anda dapat meminta suster untuk mempersiapkan air hangat untuk berendam. Air hangat sangat manjur untuk membantu memperluas pembuluh darah sehingga oksigen di dalam darah dapat mengaliri otot-otot tubuh dengan maksimal, sehingga ini menjadi cara mengatasi nyeri persalinan yang sangat ampuh.

Atau kalau tidak memungkinkan, Bunda juga bisa kok menggunakan kompres yang diisi oleh air hangat. Anda bisa mengompres bagian perut Anda, atau Anda juga bisa mengompres area antara bagian belakang vagina dan perineum dengan menggunakan handuk bersih yang dibasahi dengan air hangat.

  • Pijat Punggung atau Bahu

Saat Anda merasakan kontraksi, Anda bisa meminta tolong suami tercinta untuk membantu memijat area punggung dan bahu Anda. Pijatan dari suami dapat membantu melemaskan otot-otot punggung dan bahu yang tegang, sekaligus dapat memicu produksi happy hormone yaitu hormon endorfin. Untuk membuat Anda semakin rileks, Bunda juga dapat meminta suami untuk memijat Anda menggunakan minyak aromaterapi.

  • Membuat Suara atau Berceloteh

Di tengah-tengah proses persalinan, jika Anda merasakan kontraksi yang amat hebat jangan tahan diri Anda untuk tidak menimbulkan suara. Kebanyakan ibu yang tengah melahirkan hanya mengeluarkan suara rintihan lirih, tapi tidak akan ada yang melarang Anda untuk membuat suara-suara lainnya. Anda dapat mengalihkan rasa sakit Anda dengan mencoba bernyanyi, membaca kalimat dari sebuah bacaan buku novel, atau bahkan menghitung angka-angka.

  • Atur Posisi Anda

Saat Anda akan melahirkan, pilihlah posisi yang menurut Anda paling nyaman. Anda dapat duduk bersandar pada tepian tempat tidur, atau Anda dapat bersandar pada tubuh suami. Anda juga dapat berpindah-pindah posisi untuk membantu menenangkan rasa nyeri akibat kontraksi. Tapi begitu proses persalinan dimulai, Anda tidak boleh seenaknya mengubah posisi Anda, Moms.

Semoga 4 tips cara mengatasi nyeri persalinan di atas dapat memberikan manfaat menjelang dan selama proses persalinan, Moms. Selamat berjuang.

author
No Response

Leave a reply "4 Cara Mengatasi Nyeri Persalinan Tanpa Suntik Bius"