5 Cara Mudah Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

ibu hamil

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil – Halo Bun, sudah adakah gejala hamil yang mulai muncul? Buah hati memang merupakan dambaan setiap orang tua. Hal inilah yang membuat berita kehamilan menjadi hal yang menyenangkan untuk semua pasangan suami istri. Bahkan, tidak mempedulikan bahwa ada perubahan fisik yang signifikan karena adanya perubahan hormon.

Perubahan fisik ini akan berjalan seiring dengan janin yang makin hari makin besar seperti kaki bengkak. Hal ini juga menjadi keluhan ibu hamil karena tidak nyaman melihat kaki yang bengkak. Untuk meredakan kaki bengkak ini, yuk ikuti cara mudah mengatasi kaki bengkak saat hamil dari redaksi katalogibu.com berikut ini:

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

  • Hindari Berdiri Terlalu Lama

Berdiri terlalu lama akan membuat peredaran darah tertumpu pada bagian kaki sehingga besar kemungkinan terjadi pembengkakan. Untuk itu, saat berdiri terlalu lama, segeralah  berselonjor agar peredaran darah kembali lancar. Usahakan, di sela-sela aktivitas berdiri ini sempatkan untuk duduk sejenak agar kaki relaks dan otot-otot tidak kaku.

  • Olahraga Rutin

Aktivitas menyehatkan ini disarankan para dokter agar peredaran dalam tubuh lancar dan persalinan berjalan normal. Selain itu, olahraga juga membantu untuk memperkuat otot-otot perut dan menambah stamina ibu hamil agar tetap fit. Pilihlah olahraga ringan untuk dilakukan setiap hari misalnya jalan-jalan, pilates, yoga, renang, dan angkat beban. Namun, sebelum melakukan aktivitas ini, periksakan dulu ke dokter Anda dan mintalah saran mengenai olahraga yang cocok untuk dilakukan setiap hari. (baca juga:6 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil!)

  • Jangan Gunakan Sepatu yang Memiliki Tali

Sepatu bertali akan membuat membuat kaki semakin terjepit sehingga besar kemungkinan akan menyebabkan bengkak. Hal ini karena peredaran darah tidak lancar dan sedikit menyiksa kaki ibu hamil. Sebaiknya, gunakan sepatu flat saat bepergian ke mana-mana karena cukup longgar dan nyaman digunakan.

  • Olahraga Ringan untuk Kaki

Memang kaki bengkak membuat beberapa orang kesusahan untuk berjalan karena terasa badan makin berat. Untuk itu, di sela-sela kerja, lakukan pemanasan ringan untuk kaki misalnya dengan memijat telapak kaki dengan bola tenis. Bola tenis ini termasuk perlengkapan yang harus ada di dalam tas ibu hamil karena bisa digunakan setiap saat ketika kelelahan.

  • Tetap Mengonsumsi Garam

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil selanjut nya yaitu dengan mengonsumsi garam dan masih banyak ibu hamil yang mengurangi asupan garam saat hamil karena takut terjadi kaki bengkak saat hamil dan takut menaikkan tekanan darahnya bukan begitu bun? Namun, ternyata pernyataan di atas hanyalah mitos belaka bun. penelitian yang menyatakan bahwa tekanan darah tinggi pada ibu hamil tidak dipengaruhi oleh asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, bunda tetap dapat makan makanan yang mengandung garam, asal tidak berlebihan.

Selain beberapa tips mengatasi kaki bengkak saat hamil, Anda perlu memperhatikan asupan makanan sehat dan penuh nutrisi selama masa kehamilan. Setidaknya sertakan sekitar 50 hingga 75 gram protein, seperti daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur atau kacang-kacangan. Anda perlu makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

Pilihlah makanan yang alami kaya akan Vitamin C dan E, seperti buah sitrus, paprika hijau dan merah, melon, kentang, tomat, stroberi, kubis dan brokoli. Sementara makanan yang mengandung Vitamin E, seperti minyak nabati (terutama jagung, kedelai dan minyak gandum), biji bunga matahari, gandum, jagung manis, kacang mede dan kacang almond.

Selain beberapa hal tersebut, hindari rokok, karena rokok adalah salah satu penyebab kaki bengkak, lho. Dan jangan lupa banyak minum air putih karena membantu untuk melancarkan peredaran darah sehingga bisa meredakan gejala hamil ini. Siapkan selalu air putih dan camilan sehat di dalam tas agar saat lapar tidak perlu pusing mencari makanan. Lakukan yang terbaik untuknya, ya! Dan semoga informasi cara mudah mengatasi kaki bengkak saat hamil ini dapat bermanfaat bagi Anda semua!

mua!

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Mudah Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil"