4 Cara Tepat Menghitung Usia Kehamilan

No comment 1817 views

Pregnant-Woman (1)

Halo Moms, sudah tahukah Anda cara menghitung usia kehamilan saat ini? Selain dengan datang ke dokter, Anda juga bisa menghitung usia kehamilan sendiri sehingga bisa memperkirakan waktu persalinan dengan lebih baik.

Mengetahui usia kehamilan memang sangat menguntungkan karena bisa memantau perkembangan janin. Anda juga bisa mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan persalinan sejak  awal. Hal ini akan memberikan sisi positif bagi Anda yang saat ini masih bekerja karena bisa memperkirakan pengambilan cuti melahirkan. Berikut ini 4 cara mudah menghitung usia kehamilan:

  • Metode Kalender

Penggunaan metode kalender memang sudah umum di kalangan ibu hamil terutama saat dirinya mengalami keterlambatan menstruasi. Penggunaan metode ini harus diikuti dengan kejelian tentang siklus haid seseorang. Sebab, perhitungannya berdasarkan pada tanggal berapa haid terakhir. Anda bisa menggunakan rumus Naegele yaitu tanggal terakhir haid +7, kemudian bulan haid -3 serta tahun saat itu +1.

Namun, cara ini sangat terbatas karena perhitungan hanya bisa dilakukan pada wanita yang memiliki siklus mens 28 atau 30 hari. Rumus Naegele ini juga bisa dipergunakan untuk menghitung hari kelahiran. Caranya, tanggal hari pertama haid terakhir +7, kemudian bulan -3, dan +1 untuk tahun. Namun, jika bertepatan dengan bulan Januari, Februari, dan Maret, Anda harus menambahkan +9 tetapi tidak perlu -3.

  • Gerakan Janin

Jika Anda saat ini telah merasakan gerakan janin, maka bisa dipastikan kehamilan sudah memasuki usia 18-20 minggu. Hal ini berlaku untuk Anda yang pertama kali hamil. Sementara Anda yang pernah hamil, janin mulai bergerak pada usia 16-18 minggu.

  • Sistem Fundus Uteri atau Puncak Rahim

Fundus Uteri atau puncak rahim dapat diraba di bagian rahim terutama pada wilayah yang menonjol di area dinding perut. Apabila jarak antara tulang dan puncak rahim berkisar 28 cm, berarti usia janin diperkirakan telah berusia 28 minggu. Jika jarak tulang kemaluan dan puncak rahim sekitar 36 cm, maka janin telah memasuki usia 36 minggu.

  • Teknik Dua Jari

Jika berat badan Anda terbilang normal, maka mengitung usia kehamilan bisa dilakukan dengan teknik dua jari. Biasanya, dokter atau bidan akan meletakkan dua jarinya diantara tulang kemaluan dan perut. Apabila jarak antara tulang kemaluan dan fundus uteri masih di bawah pusar, maka setiap dua jari mewakili usia 2 minggu.

Bagaimana Moms? Tidak susah kan, menghitung usia kehamilan? Anda bisa mempraktikkan cara tersebut di rumah dengan bantuan suami. Selamat mencoba!

author
No Response

Leave a reply "4 Cara Tepat Menghitung Usia Kehamilan"