11 Cara Terbaik Atasi Mual Saat Hamil

No comment 8220 views
Cara Terbaik Atasi Mual saat Hamil

Cara Terbaik Atasi Mual saat Hamil

Cara Atasi Mual Hamil  – Bun, apakah Anda cukup tersiksa dengan morning sickness hamil muda ini? Yah, mual saat hamil memang menjadi salah satu hal yang wajar dialami oleh seorang wanita hamil. Pasalnya, perubahan drastis hormon di dalam tubuhnya menjadi pemicu awal mual dan muntah ini terjadi. Terkadang, ibu hamil harus kehilangan nafsu makan akibat mual dan muntah ini yang tak kunjung usai.

Meskipun begitu, bukan suatu alasan bagi seorang ibu hamil untuk tidak makan lho! Bagaimana pun juga, kehamilan ini membutuhkan asupan nutrisi baik agar wanita hamil tetap sehat dan perkembangan janin tetap terjaga. Jika ibu hamil enggan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi, maka kondisi ini dapat mengancam keselamatan bayi. Padahal banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa mual hamil , yuk simak berikut cara atasi mual saat hamil muda ini:

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

1. Olahraga Ringan

Memperbanyak aktivitas sehat seperti olahraga ini mampu mengurangi rasa mual dan muntah pada trisemester awal. Dengan rajin berolahraga, kondisi fisik ibu hamil pun bisa terhaga sehingga tetap bugar dan sehat.

2. Hindari Gerakan Tiba-Tiba

Saat bangun tidur, sebaiknya tetap berbaring sebentar di tempat tidur untuk menghindari rasa pusing yang kerap muncul. Hal ini juga berlaku ketika kamu sedang duduk, jangan langsung berdiri dan melakukan aktivitas lain. (baca juga: Doa Ibu Hamil Wajib Dibaca Setiap Hari)

3. Konsumsi Buah-buahan Dingin

Buah merupakan salah satu pilihan kudapan sehat untuk menjaga kondisi tubuh wanita hamil agar tetap sehat. Kandungan beragam vitamin dan mineralnya dapat mendukung perkembangan janin lebih optimal. Simpanlah buah tersebut ke dalam lemari es agar dingin, sebab sensasi dinginnya dapat mengurangi rasa mual. Namun, Anda perlu memerhatikan beberapa buah yang dilarang saat hamil, seperti nanas, anggur, pepaya, dan durian. Buah-buah ini membahayakan keselamatan janin yang dapat meningkatkan risiko kelahiran bayi prematur.

4. Jangan Minum Terlalu Banyak

Mengonsumsi air putih tentunya amat disarankan saat masa kehamilan. Namun, jika mual sudah mulai menyerang, sebaiknya jangan minum air putih terlalu banyak pada satu kesempatan. Sebaliknya, minum secara perlahan dengan jeda waktu agar perut tak terasa kembung yang justru bisa memperparah rasa mual tersebut.

Ada cara lain juga agar minum air putih tetap terasa segar tanpa membuat mual. Tambahkan potongan buah lemon ke dalam air. Rasa segar dari lemon akan membantu mengurangi rasa mual. Selain itu, Anda bisa juga membuat es sendiri dari potongan buah seperti strawberry dan peach yang kemudian dibekukan bersama air, apalagi dua buah itu mengandung folat, vitamin B, dan vitamin A.

5. Jangan Makan Terlalu Banyak

Sama halnya dengan minum, ibu hamil yang mengalami mual sebaiknya menghindari makan makanan besar dalam jangka waktu yang berdekatan. Sebaliknya, makan sedikit-sedikit namun dengan frekuensi yang sering. Hal ini juga disarankan agar makanan lebih mudah dicerna sehingga menghindari rasa begah.

6. Konsumsi Karbohidrat

Mungkin yang satu ini agak tidak bisa disangka-sangka, karena ternyata mengonsumsi makanan kaya kerbohidrat seperti crackers, roti, dan mashed potato bisa membantu mengurangi rasa mual. Makanlah sedikit-sedikit sebelum Anda beranjak bangun dari tempat tidur di pagi hari agar tidak terlalu merasa mual. Dikombinasikan dengan potongan apel juga enak untuk dikonsumsi.

7. Mengonsumsi Jahe

Minuman tradisional ini menjadi obat untuk melegakan kondisi wanita hamil yang muntah dan mual-mual. Jahe yang sudah dimemarkan bisa Anda seduh dengan segelas air hangat atau dicampurkan ke dalam teh. Kehangatan jahe ini dipercaya dapat menghilangkan rasa mual secara perlahan. Anda tidakperlu menggunakan obat medis untuk menghilangkan mual hamil ini, sebab gejala ini terbilang cukup wajar dialami ibu hamil muda.

8. Istirahat yang Cukup

Salah satu cara yang mudah untuk menghilangkan rasa mual dan muntah saat hamil adalah istirahat. Selain itu, wanita hamil dianjurkan untuk menghindari stress agar dapat meminimalisir gejala-gejala awal kehamilan ini.

9. Mencari Tempat yang Dingin

Salah satu penyebab mual saat hamil yakni karena kondisi badan yang kepanasan. Apabila tubuh ibu hamil mulai merasakan gerah bahkan kepanasan, cobalah untuk berada di ruangan yang dingin yakni dengan menyalakan AC atau kipas angin. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan, karena tidak baik untuk kesehatan calon ibu nantinya.

10. Mencoba Akupuntur dan Akupresur

Selain berolahraga ringan, cara mengatasi mual atau pusing saat hamil bisa dengan akupuntur dan akupresur. Kedua metode ini akan menstimulasi beberapa titik-titik tertentu yang ada pada tubuh dan membuat sistem syaraf menjadi lebih rileks. cara ini cukup efektif apabila kondisi ibu hamil mengalami mual bahkan muntah.

11. Mencoba Menghindari Penyebab Mual

Bila Anda memperhatikan dengan cermat, rasa mual itu tidak serta merta datang tiba-tiba secara random. Bila Anda mengalami mual di jam-jam tertentu yang kurang lebih berulang setiap hari, Anda sebaiknya memperhatikan kondisi sekeliling Anda. Mungkin bau sesuatu seperti makanan atau hal lain yang memang biasanya muncul (seperti bau masakan dari rumah tetangga) bisa jadi memicu Anda untuk merasa mual. Dengan lebih memperhatikan sekeliling, Anda bisa mencoba menghindari penyebab rasa mual tersebut.

Mudah kan, menghilangkan mual hamil? Anda harus tetap mewaspadai jika mual hamil dan muntah ini berlangsung secara terus-menerus. Sebab, dehidrasi berkepanjangan yang dialami ibu hamil dapat membahayakan kondisi janin yang masih belum cukup kuat pada trisemester awal ini. Nah, itulah tadi meruapakan beberapa cara atasi mual saat hamil muda yang dapat kami berikan, dan semoga infomasi cara atasi mual hamil ini dapat bermanfaat ya bun!

author
No Response

Leave a reply "11 Cara Terbaik Atasi Mual Saat Hamil"