6 Gejala yang Membahayakan Kehamilan

No comment 12164 views

gejala hamil

Pagi Bun, apa kabar hari ini? Memasuki trimester pertama ini Anda perlu mewaspadai beberapa gejala hamil yang bisa membahayakan janin. Pasalnya, tidak semua keluhan Anda saat ini tergolong dalam hal wajar sehingga bisa diabaikan begitu saja.

Jika saat ini tengah mengandung anak pertama, pastilah sering bertanya-tanya apakah hal yang Anda alami masih normal? Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, ayo simak informasi berikut ini ya, Bun:

  • Pendarahan di Miss V

Adanya flek pada celana dalam Anda memang merupakan salah satu tanda kehamilan. Namun, perlu diwaspadai jika hal ini sering terjadi. Pasalnya, kondisi yang terlalu lelah serta banyaknya beban pikiran bisa memicu keguguran yang ditandai dengan peningkatan intensitas bercak darak.

Jika pendarahan tersebut diikuti dengan kram perut yang cukup parah, maka perlu dicurigai menjadi tanda kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim. Segeralah memeriksakan ke dokter dan lakukan USG untuk memastikan kondisi kandungan Anda.

  • Mengeluarkan jaringan

Ini tentu terasa sangat menyedihkan, terutama pada trimester kedua. Selalu hubungi dokter Anda ketika merasa fetus, jaringan atau membran keluar.

  • Sakit kepala

Sakit kepala adalah tanda bahwa ada suatu hal serius dengan kondisi kehamilan Anda. Bebeda dengan gejala sakit kepala biasa yang bisa hilang setelah Anda tidur atau istirahat. Sakit kepala yang statis saat hamil bisa membahayakan ibu dan janinnya apalagi jika disertai gangguan penglihatan.

  • Mual dan Muntah yang Berlebihan

Pada trimester pertama ini, Anda akan sering mengalami mual dan muntah yang sedikit melelahkan. Hal ini tergolong sesuatu yang normal karena sebagian wanita hamil pernah mengalaminya. Namun, jika hal tersebut cukup parah, maka Anda perlu mewaspadainya. Mual dan muntah yang berlebihan ini menyebabkan penurunan berat badan, dehidrasi, pusing, dan ketidakseimbangan elektrolit. Oleh karena itu, segeralah hubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat sehingga kesehatan Anda dan janin tetap terjaga.

  • Demam Tinggi

Saat hamil, Anda tidak bisa menyepelekan demam menjadi suatu hal yang normal. Demam yang mencapai lebih dari 38 derajat Celcius perlu ditanggapi serius karena hal ini bisa menjadi pertanda sebuah infeksi. Terutama jika demam ini diikuti oleh ruam-ruam, pernapasan terganggu dan nyeri sendi.

Infeksi yang bisa menyerang wanita hamil adalah sitomegalovirus (CMW) yang dapat menyebabkan tuli bawaan pada janin. Oleh karena itu, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter agar terhindar dari beberapa risiko yang bisa menyebabkan bayi cacat.

  • Keputihan dan Gatal

Seorang wanita mengalami keputihan merupakan suatu hal yang normal terjadi. Namun, keputihan yang berlebihan bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang terinfeksi penyakit seksual dan berdampak tinggi pada kehamilan. Jangan malu untuk menanyakan hal ini pada dokter kandungan Anda.

Selain beberapa hal tersebut, gejala hamil yang perlu Anda waspadai adalah merasakan sakit yang hebat saat buang air kecil. Hal ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi saluran kemih yang apabila diabaikan akan menimbulkan penyakit serius sehingga terjadi kelahiran prematur. Untuk menghindari semua hal yang membayakan, sebaiknya perbanyak makanan yang bernutrisi tinggi dan senantiasa menjaga kebersihan. Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga, ya!

author
No Response

Leave a reply "6 Gejala yang Membahayakan Kehamilan"