4 Hal Krusial yang Menandakan Sehatnya Kehamilan

4 Hal Krusial yang Menandakan Sehatnya Kehamilan

Selamat pagi, Bu! Apa kabar hari ini? Tahukah Ibu jika memiliki kondisi tubuh yang prima merupakan salah satu tanda kehamilan yang sehat? Apabila Ibu memiliki kesehatan yang optimal, maka janin pun bisa berkembang dengan baik dan proses persalinan juga akan berjalan lebih lancar.
Nah, untuk menciptakan janin yang kuat dan sehat ini tentunya ada beberapa hal atau aktivitas yang dapat dilakukan oleh ibu hamil seperti diet berimbang serta olahraga teratur. Lantas jika sudah melakukan hal ini, dapatkah Ibu mengenali tanda-tanda kehamilan yang sehat? Jika belum, yuk simak 4 tanda kehamilan sehat berikut ini:
1. Tekanan darah dan kadar gula
Indikator utama tanda kehamilan sehat terletak pada tekanan darah dan juga kadar gula dalam tubuh. Hal ini sebaiknya dipantau secara teliti di setiap trimester, bahkan akan jauh lebih baik lagi jika dicermati saat Ibu mulai mempersiapkan kehamilan.
Perlu Ibu ketahui, bahwa tekanan darah dan kadar gula yang terlalu tinggi pada saat hamil bisa menimbulkan risiko kelahiran janin prematur. Untuk menghindarinya, pastikan Ibu selalu memantau kedua hal ini dengan berkonsultasi secara teratur ke dokter kandungan.
2. Kondisi rahim dan plasenta
Rahim merupakan tempat yang sangat penting untuk pertumbuhan janin, maka dari itu Ibu perlu mencermati kondisinya dengan saksama. Optimalnya kondisi rahim dan plasenta merupakan salah satu tanda kehamilan sehat yang bisa Ibu ketahui dengan pemeriksaan secara berkala.
Pemeriksaan ke dokter ini selain dijadikan sarana mengenali aneka tanda kehamilan sehat, juga berguna untuk mencegah gangguan kesehatan pada janin sejak dini. Jika rajin memeriksakan diri ke dokter, Ibu bisa mengetahui dengan cepat apabila terjadi masalah pada rahim dan plasenta.
3. Pertumbuhan janin
Sama halnya dengan kondisi rahim dan juga plasenta, pertumbuhan janin hanya bisa diketahui dengan pasti melalui pemeriksaan di dokter. Apabila hasil pemeriksaan menyatakan bahwa janin tumbuh dengan baik, maka hal tersebut menjadi salah satu tanda kehamilan sehat.
Maka dari itu, untuk mengetahui pertumbuhan janin dari hari ke hari lakukanlah pemeriksaan melalui USG secara berkala. Selain bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, USG ini juga bisa menjadi media untuk ‘berkomunikasi’ dengan calon bayi tersayang.
4. Tingkat hormon
Kadar estrogen dan progesteron yang tepat dalam tubuh juga merupakan salah satu tanda kehamilan sehat. Seorang wanita mengandung dapat menghasilkan hingga 400 mg progesteron, jauh lebih banyak dibandingkan keadaan normal yang hanya sekitar sekitar 20 mg. Hormon satu ini berfungsi untuk menjaga rahim dari kontraksi yang datang sebelum masa persalinan. Selain itu, hormon estrogen juga berperan penting dalam membangun jaringan, salah satunya melalui penguatan rahim selama masa kehamilan.
Itulah beberapa tanda-tanda kehamilan sehat yang perlu Ibu tahu. Memastikan keempat hal tersebut dalam kondisi baik dan sebagaimana mestinya akan membuat perjalanan kehamilan jauh dari rasa waswas. Selamat menanti kelahiran si Kecil, Bu!

author
No Response

Leave a reply "4 Hal Krusial yang Menandakan Sehatnya Kehamilan"