4 Keluhan Kehamilan 6 Bulan yang Harus Diperhatikan!

4 Keluhan Kehamilan 6 Bulan yang Harus Diperhatikan!

Kehamilan 6 bulan – Saat usia kehamilan 6 bulan, perut ibu hamil akan semakin membesar. Didalam kandungan janin mulai berkembang menjadi dewasa, dengan berkembangnya panca indera yang sempurna. Pada usia ini tentunya Anda semakin berdebar karena tinggal beberapa langkah lagi Anda akan bertemu dengan sang buah hati.

Menjaga kesehatan sangatlah penting pada usia kehamilan 6 bulan, namun walaupun begitu tidak dapat dipungkiri bahwa kehamilan Anda akan merasakan bebepa keluhan yang harus dihadapi dengan bijak. Agar Anda siap dengan apa yang akan terjadi saat usia kehamilan 6 bulan nanti berikut keluhan yang harus Anda tahu.

Keluhan kehamilan 6 bulan

1. Sakit pinggang

Keluhan yang akan dihadapi oleh ibu hamil saat usia kehamilannya mencapai 6 bulan yaitu pinggang akan merasa sakit akibat semakin besarnya perut karena semakin bertambahnya usia kehamilan Anda. Berat badan yang bertambah juga akan mengakibatkan tubuh tidak nyaman akibat posisi otot perut dan punggung tertekan. Untuk mengatasi sakit pinggang tersebut Anda bisa mengurangi kegiatan yang berat dan mengubah posisi tubuh Anda dengan tidak terlalu tegap ataupun membungkuk.

2. Keputihan

Hal ini terjadi wajar karena kehamilan 6 bulan membuat meningkatnya hormon sehingga cairan yang diproduksi oleh vagina akan meningkat. Keputihan tidak berbahaya jika warnanya bening, bertektur encer dan tidak berbau. Namun jika keputihan berwarna pekat, berbau menyengat dan mengakibatkan gatal atau iritasi harus segera diperiksa dokter karena keputihan yang seperti ini akan membayakan janin.

3. Perut kembung

Ada beberapa faktor yang nmengakibtakan perut kembung saat hamil, diantaranya karena pengaruh hormon, pergerakan usus yang berkurang akibat bayi semakin membesar sehingga adanya tekanan lambung. Anda bisa minum obat maag untuk mengatasinya.

4. Braxton hicks

Saat usia kehamilan 6 bulan bayi sudah mulai aktif bergerak di dalam rahim Anda sehingga sering terjadi kontraksi palsu. Namun kontraksi ini tidakhlah berbahaya dan tidak akan mengakibatkan bayi lahir prematur.

Selain terjadinya keluhan saat usia kehamilan 6 bulan, terdapat pula fakta menarik tentang kehamilan 6 bulan yang harus Anda ketahui berikut ini :

  •  Janin mengalami pendewasaan bagian-bagian tubuh yang vital seperti tulang, kelopak mata, dan paru-paru. Pertumbuhan bagian-bagian alat tubuh tersebut disertai dengan pertumbuhan fungsi yang dimiliki masing-masing. Tulang yang telah berkembang lebih kuat dapat memicu janin menendang lebih kuat, pula kelopak mata yang mulai terbentuk dengan sempurna, serta paru-paru yang telah dapat memproduksi cairan surfactant yang berfungsi mencegah lengketnya paru-paru satu dengan yang lainnya.
  •  Pada trimester ini Anda akan bersendawa atau ingin buang angin/kentut pada saat yang tidak seharusnya. Jangan khawatir Anda tak sendirian mengalami masalah ini. Sendawa dan buang angin adalah keluhan yang paling sering selama kehamilan. Hal ini karena usus merengang dan anda akan merasa kembung. Atasi dengan jangan makan dalam jumlah besar akan membuang anda kembung dan tak nyaman, dan hindari makanan yang menyebabkan banyak gas seperti jagung, permen, bawang merah.
  • Janin telah dapat mendengar apa yang terjadi di luar perut sang ibu. Pada masa ini, ada baiknya mulai memperdengarkan berbagai perangsang yang dapat membantu perkembangan otak, emosi, dan kecerdasan si calon bayi seperti music klasik, lantunan ayat-ayat suci (bagi muslim), kata-kata penenang, dan sebisa mungkin ajak ia berinteraksi.
  • Janin telah mampu membangun kedekatan emosional dengan sang ibu maupun dunia luar. Hal tersebut sangat ditekankan karena selain janin telah dapat mendengar suara-suara, ia juga dapat merasakan apa yang dirasakan berbagai emosi yang dialami ibu seperti senang, sedih, takut, bahkan stress. Oleh sebab itu, pada masa-masa ini, sangat penting bagi ibu untuk pandai mengatur emosi yang dirasakannya.

Memang tidak sedikit keluhan kehamilan 6 bulan yang terjadi, Anda harus selalu wasapada dengan rutin melakukan pemeriksan ke dokter, makan makanan bergizi dan jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga. Baca juga : 4 Hal yang Harus Dilakukan saat Usia Kehamilan 6 Bulan

author
No Response

Leave a reply "4 Keluhan Kehamilan 6 Bulan yang Harus Diperhatikan!"