4 Penyakit Wanita Hamil Yang Membahayakan

No comment 1725 views

ibu-hamil

Meski hati sangat senang dengan keberadaan buah cinta di dalam kandungan, tetapi wanita hamil sering tersiksa dengan berbagai gangguan kesehatan Perubahan psikologis dan fisik karena kenaikan hormon yang cukup drastis bisa menjadi penyebab sumber masalah ibu hamil.

Namun, Anda jangan menganggap sepele semua keluhan selama hamil yang menyebabkan kondisi tidak nyaman dan berisiko terhadap janin. Keselamatan janin dan wanita hamil menjadi prioritas selama masa 9 bulan mengandung itu. Yuk, simak penyakit wanita hamil yang membahayakan berikut ini:

  • Preklampsia

Rutin memeriksakan tekanan darah selama mengandung perlu dilakukan untuk memantau kondisi ibu hamil. Biasanya, wanita hamil mengalami tekanan darah tinggi secara tiba-tiba setelah usia 20 minggu kandungan. Keluhan ini jangan diabakan karena menyebabkan gagal ginjal, kerusakan hati, gangguan pernapasan hingga kematian wanita hamil dan janin saat persalinan.

Pada umumnya, risiko ini meningkat seiring dengan pertambahan usia wanita yang dianggap berbahaya untuk hamil. Keluhan ini mempengaruhi 5-7 persen wanita hamil. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab preklampsia ini.

  • Diabetes gestasional

Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga menderita diabetes, berat badan berlebihan, dan aktivitas fisik selama hamil rendah, perlu mewaspadai risiko bahaya penyakit ini. Penyebabnya, plasenta wanita hamil yang sudah memproduksi insulin akan mencegah hormon yang bekerja untuk menurukan jumlah gula dalam sel tubuh. Diabetes gestasional ini berisiko terjadi pada 2-14 persen wanita hamil.

  • Serangan jantung

Bukan hanya perubahan fisik saja yang terjadi selama hamil, tetapi sistem kerja kardiovaskular juga mengalami perubahan. Meningkatnya kebutuhan volume darah membuat peningkatan denyut jantung dan menurunkan tekanan darahnya.

Perubahan yang terjadi selama hamil ini berisiko tinggi pada kesehatan jika Anda memiliki riwayat sakit jantung. Untuk memantau kesehatan jantung Anda, rutinlah memeriksakan diri ke dokter agar mudah mendeteksi gangguan selama hamil.

  • Anemia

Kebutuhan zat besi wanita hamil perlu menjadi pantauan khusus karena kesediaannya sebagai bahan utama untuk membuat sel darah merah. Kekurangan zat besi bisa menjadi permasalah serius lho Bu. Kondisi yang parah menyebabkan masalah seperti persalinan prematur, berat badan bayi rendah, preklampsia, serta gangguan perkembangan anak.

Nah, itulah 4 penyakit wanita hamil yang perlu diwaspadai. Rajin memeriksakan diri ke dokter dan mengonsumsi banyak makanan kaya nutrisi dapat membantu mengurangi risiko penyakit  berbahaya tersebut. Yuk Bu, jaga kesehatan selama hamil ya.

author
No Response

Leave a reply "4 Penyakit Wanita Hamil Yang Membahayakan"