4 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Selamat untuk kehamilan Anda, Moms. Baik ini adalah kehamilan pertama atau kehamilan Anda yang sudah kesekian kali, berita kehamilan akan selalu menjadi kabar yang membahagiakan. Selama 9 bulan ke depan, janin yang ada di dalam kandungan Anda akan terus berkembang dan ia membutuhkan Anda untuk menyediakan nutrisi yang ia butuhkan agar pertumbuhannya lancar hingga waktu persalinan tiba. Dan berikut adalah rekomendasi makanan yang baik untuk ibu hamil muda.
Produk Susu
Susu dan produk turunannya seperti keju dan yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan susu kaya akan kalsium, yaitu zat mineral yang juga merupakan zat pembangun tulang. Asupan kalsium yang cukup selama masa kehamlan tidak hanya mencegah Anda dari osteoporosis, tetapi juga membantu memperlancar dan memperkuat sel-sel tulang dan gigi bayi Anda. Selain pada produk susu, kalsium juga terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan teri, dan chia seeds.
Buah-Buahan
Buah-buahan termasuk makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi kapanpun. Terutama pada masa kehamlian, sangatlah disarankan untuk meningkatkan konsumsi buah. Selama ibu hamil, stamina Anda akan berada di titik yang cukup rawan sehingga jika daya imunitas tubuh tidak kuat maka Anda dapat terserang berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin di dalam buah-buahan dapat membantu memperkuat sistem imunitas tubuh, dan di saat yang sama juga membantu memperkuat sistem imunitas tubuh bayi sehingga bayi Anda kelak tidak mudah sakit. Selain itu buah-buahan juga mengandung kadar air dan serat yang tinggi untuk membantu mencegah dehidrasi dan mengatasi konstipasi.
Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama di masa kehamilan trimester pertama. Sayuran hijau kaya akan asam folat, dimana asam folat berfungsi untuk membantu menjaga pertumbuhan jaringan-jaringan tubuh janin dan mencegah terjadinya kecacatan pada jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

Selain itu kandungan zat besi yang ada di dalam sayuran hijau juga berfungsi untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga membantu mencegah ibu hamil terserang anemia atau kekurangan darah.
Telur
Makanan lain yang wajib dikonsumsi ibu hamil adalah telur. Kuning telur tidak hanya merupakan sumber protein tinggi yang dibutuhkan oleh janin dan ibu hamil, tetapi juga mengandung kolin. Kolin adalah nutrisi makanan yang berfungsi untuk merawat sel-sel otak ibu dan janin. Asupan kolin yang cukup dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat pada anak Anda nantinya.

Demikianlah 4 makanan yang baik untuk ibu hamil muda. Semoga informasi ini bermanfaat, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "4 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda"