4 Mineral Sehat untuk Ibu Hamil Muda

No comment 1581 views

sayuran ibu hamil

Menu sehat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi ketika Anda sedang hamil. Saat hamil muda, makanan yang dikonsumsi dapat membantu mengurangi risiko keguguran, meningkatkan volume darah, dan memperlancar produksi ASI. Kondisi janin yang belum terlalu kuat di masa awal ini perlu mendapat dukungan agar ia tetap tumbuh sehat.

Banyak pilihan menu makanan yang bisa Anda buat sendiri di rumah sehingga kualitas dan gizinya tetap terjaga. Rasa mual dan muntah yang sering dialami wanita hamil muda menjadi penghalang utama pemenuhan gizi di masa ini. Kondisi perut kosong dan fisik yang lemah akan memperburuk keadaan sehingga rentan keguguran. Oleh karena itu, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menghabiskan makanan dalam sekali duduk, tetapi bisa disiasati dengan menu sedikit dan makan sesering mungkin. Berikut ini, beberapa mineral yang dibutuhkan ibu hamil muda:

  • Karbohidrat

Karbohidrat ini memberikan sumbangan energi yang dibutuhkan ibu hamil. Saat hami, Anda membutuhkan 285 kilo kalori per hari. Kebutuhan karbohidrat bisa diperoleh dari jagung, roti, nasi, dan kentang.

  • Protein

Protein sangat bermanfaat untuk mendukung pembentukan jaringan tubuh janin. Wanita hamil memerlukan protein sebanyak 12 gram setiap hari. sumber protein bisa Anda peroleh dari daging, ikan, kacang-kacangan, tahu, dan tempe.

  • Zat Besi

Ibu hamil akan banyak mengeluarkan darah saat persalinan sehingga memerlukan banyak zat besi. Mineral ini memiliki peranan penting untuk memproduksi darah yang bertugas mengedarkan oksigen dan gizi di dalam tubuh Anda serta janin. Sumber zat besi bisa diperoleh dari daging, hati, dan sayuran hijau.

  • Vitamin

Ibu hamil memerlukan banyak vitamin untuk mendukung kesehatannya dan janin. Misalnya saja, vitamin B6 yang membantu mengatur penggunaan protein dalam tubuh. Vitamin B12 dan asam folat berkolaborasi untuk pembentukan sel-sel darah yang sangat dibutuhkan Ibu hamil. Sumber vitamin banyak diperoleh dari sayur-sayuran, buah, sereal, daging, ikan, susu, yoghurt, dan kacang-kacangan.

Beberapa mineral tersebut harus terpenuhi dengan baik terutama saat hamil muda ya, Bu. Memberikan yang terbaik sejak awal kehamilan tentu akan membuat si Kecil tumbuh dengan baik. Anda bisa meminta saran dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan menu makananĀ  harian yang bergizi.

author
No Response

Leave a reply "4 Mineral Sehat untuk Ibu Hamil Muda"