4 Nutrisi Penting Agar Janin Sehat

No comment 1110 views

gizi ibu hamil

Bu, sarapan apa hari ini? Sudahkah makanan Anda memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil? Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting untuk pertumbuhan awal janin. Bukan hanya demi kesehatan wanita hamil saja, tetapi pemenuhan nutrisi ini juga baik untuk memelihara kesehatan janin.

Oleh karena itu, ibu hamil tidak diperkenankan makanan sembarangan terutama mengonsumsi kudapan tanpa gizi (empty nutrition). Asupan gizi ibu hamil pastinya menentukan kesehatan janin. Anda yang saat ini sedang hamil harus benar-benar mengontrol pola dan menu makanan yang dikonsumsi. Berikut ini beberapa zat gizi yang penting untuk ibu hamil dan janin:

  • Asam Folat

Nutrisi ini sangat penting untuk membantu pembentukan sel dan sistem syarafnya. Jika gizi ini tidak terpenuhi dengan baik, maka akan meningkatkan risiko kelainan syaraf pada janin. Sumber folat banyak terdapat pada beras merah, buah-buahan, dan syuran hijau.

  • Kalsium

Kalsium sangat penting dikonsumsi ibu hamil karena akan membantu pembentukan tulang dan gigi untuk janin. Wanita hamil yang mengonsumsi banyak makanan berkalsium tinggi dapat terhindar dari bahaya penyakit oesteoporosis. Namun, apabila Anda mengonsumsi sedikit kalsium, maka janin akan mengambil persediaan kalsium yang ada dalam tubuh ibunya. Tentu saja hal itu akanmeningkatkan risiko oesteoporosis. Makanan yang banyak menangandung kalsium adalah susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

  • Protein

Protein dalam tubuh memiliki peranan penting yaitu membantu pembentukan sel dan darah. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan tinggi protein agar nutrisi sehat bisa diedarkan keseluruh tubuhnya dan janin dengan lancar. Anda bisa mendapatkan banyak protein dari tempe, tahu, daging, dan kacang-kacangan.

  • Zat Besi

Kebutuhan zat besi ibu hamil harus dipenuhi dengan baik karena sangat penting untuk membantu pembentukan darah. Jika Anda mengonsumsi banyak makanan tinggi zat besi, hal ini dapat menghindarkan dari bahaya anemia. Penyakit kekurangan darah ini sangat bahaya karena bisa menyebabkan terjadinya kelahiran prematur atau janin meninggal di dalam kandungan.

Memang, tidak ada salahnya jika Ibu mencoba mengolah bahan makanan yang berada di sekitar Anda sebagai sumber gizi ibu hamil. Kudapan sehat tidak harus mahal kan Bu. Mintalah saran dokter dan ahli gizi  Anda untuk mendapatkan sajian sehat kaya nutrisi. Ada baiknya jika Ibu mencoba mengolah makanan hamil ini sendiri karena bisa menjamin kebersihan dan keutuhan nutrisinya. Ayo Bu, berikan yang terbaik untuk si Kecil ya!

 

author
No Response

Leave a reply "4 Nutrisi Penting Agar Janin Sehat"