4 Penanda Positif Hamil Muda

No comment 5999 views

gejala hamil

Seperti apakah gejala hamil dan tanda awal kehamilan itu? Bagi wanita yang telah beberapa kali mengalami kehamilan, tentu akan sangat mudah untuk mendeteksi masalah ini. Akan tetapi bagi calon ibu muda yang baru merasakan pengalaman hamil untuk pertama kalinya tentu sangat penting untuk mengetahui tanda kehamilan di awal-awal minggu.

Apa untungnya sih mengetahui gejala hamil lebih awal? Penting sekali, karena dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan pada diri Anda, maka Anda pun akan bisa melakukan persiapan lebih dini dan menghindarkan risiko-risiko yang tidak diinginkan. Tak sedikit lho, ketidaktahuan tentang tanda kehamilan juga bisa menyebabkan risiko keguguran dan terlambatnya penanganan.

Nah, untuk menghindarkan semua hal yang tidak diinginkan itu, gejala-gejala hamil di bawah ini perlu untuk Anda ketahui selain terlambatnya periode menstruasi. Yuk, simak tanda-tanda hamil berikut ini satu persatu:

  1. Mual dan muntah

Mual dan muntah adalah gejala kehamilan yang sangat lumrah dialami oleh wanita hamil terutama pada masa-masa awal kehamilan. Mual muntah atau yang biasanya disebut morning sickness ini biasanya terjadi pada usia kehamilan awal yaitu pada trimester pertama. Mual muntah ini bisa terjadi kapan saja baik itu pagi, siang, atau sore hari bahkan bisa terjadi hingga sepanjang hari.

  1. Perubahan ukuran payudara

Selain telat datang bulan, gejala hamil juga ditunjukkan oleh perubahan pada payudara ibu hamil. Perubahan ini dapat berupa ukuran menjadi lebih besar, keras, dan lebih sensitif terhadap sentuhan. Biasanya, Anda akan mengalami tanda-tanda ini pada minggu-minggu awal sekitar 1-2 minggu setelah pembuahan. Berikutnya, ukuran payudara biasanya akan lebih besar berkat pengaruh hormon estrogen dan progesteron. Perubahan ukuran ini bertujuan untuk mempersiapkan produksi ASI nantinya.

  1. Kondisi tubuh melemah

Untuk gejala hamil awalm biasanya wanita hamil akan mengalami penurunan kondisi tubuh seperti mudah lelah, pusing, lemas, dan bahkan pingsan. Gejala-gejala hamil ini umumnya diakibatkan oleh pelebaran pembuluh darah, kadar gula yang rendah, atau pengaruh produktivitas hormon tubuh selama kehamilan.

  1. Bercak pendarahan

Ketika telur yang sudah dibuahi melekat pada dinding rahim, maka Anda akan mendapati adanya bercak darah pada pakaian dalam yang Anda kenakan. Hal ini biasanya terjadi ketika 10-14 hari setelah terjadinya pembuahan atau fertilisasi. Bercak darah ini umumnya tidak terlalu banyak, berbentuk bulat, warnanya lebih cerah dari darah menstruasi dan tidak akan berlangsung lama.

Nah, itulah beberapa tanda gejala hamil yang umum dialami pada usia kehamilan awal. Cermat dan tanggap mengenali tanda hamil awal akan membuat Anda lebih siap untuk menjalani peran baru sebagai ibu hamil. Semoga bermanfaat!

author
No Response

Leave a reply "4 Penanda Positif Hamil Muda"