4 Point Penting Menyusui saat Hamil!

No comment 1014 views

4 Point Penting Menyusui saat Hamil!

Menyusui saat hamil – Tidak ada yang tau dengan rencana Tuhan, walaupun Anda sudah merencanakan kehamilan namun bila Tuhan memberi anugrah dengan mendapatkan momongan lagi padahal usia bayi Anda sebelumnya masih bayi dan membutuhkan asi, pasti Anda akan bertanya – tanya tentang kesehatan yang akan Anda hadapi selanjutnya. Apalagi adanya pro dan kontra tentang hamil saat masih menyusui akan membuat Anda khawatir.

Hal ini tentu saja muncul dari pengalaman banyak wanita yang menyusui saat hamil. Beberapa ibu hamil ada yang tetap melanjutkan menyusui bayinya walaupun sedang hamil dan ada pula yang menyapih bayinya saat dinyatakan positif hamil. Pemberian asi pada saat hamil berbeda dengan ibu yang hanya menyusui saja, karena kandungan asi pada ibu hamil akan berkurang kuantitas dan kualitasnya. Lalu menyusui saat hamil boleh atau tidak? Untuk Anda yang sedang menyusui saat hamil wajib menyimak point – point berikut.

Hamil saat masih menyusui

1. Seperti yang Anda tahu bahwa ketika sedang hamil memerlukan banyak nutrisi untuk ibu hamil maupun bayi yang ada dalam kandungan. Jadi ketika Anda harus menyusui dalam kondisi hamil pastinya harus mendapatkan lebih banyak lagi nutrisi yang terdapat dari makanan sehat seperti protein, kalsium, karbohidrat serta masih banyak lagi.

2. Seorang wanita yang sedang menyusui akan mengahasilkan hormon oksitosin, hal ini dapat menyebabkan timbulnya kontraksi ketika hamil dan menyusui. Kondisi ini tentu saja menjadi bahaya menyusui saat hamil, apalagi jika usia kandungan sudah dekat dengan persalinan maka saat Anda sedang menyusui akan sangat berpengaruh pada janin yang ada dalam rahim.

3. Saat sedang hamil, wanita akan memproduksi hormon esterogen, dimana hal ini dapat membuat berkurangnya produksi asi yang dihasilkan oleh ibu. Pada sebagian ibu hamil yang masih menyusui akan mengalami perubahan rasa pada asinya sehingga bayi akan berhenti minum asi dengan sendirinya.

4. Yang tak kalah penting dan harus diperhatikan oleh ibu hamil saat menyusui yaitu keadaan sang ibu sendiri, dimana seorang wanita hamil akan lebih cepat lelah secara fisik maupun psikis saat menyusui bayinya. Ditambah lagi jika ibu hamil sedang mengalami morning sickness maka energi akan terkuras.

Itulah point yang harus diperhatikan ketika menyusui saat hamil. Keputusan yang terbaik ada ditangan Anda, jika dirasa kondisi Anda memungkinkan untuk menyusui ketika hamil bisa terus dilakukan, namun jika masih ragu segera konsultasikan pada dokter kandungan Anda. Baca juga : Kenali 4 Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

author
No Response

Leave a reply "4 Point Penting Menyusui saat Hamil!"