4 Tips Aman Naik Pesawat saat Hamil

No comment 1347 views

ibu hamil naik pesawat

Menjadi seorang wanita hamil muda memang harus meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga keselamatan Ibu dan janin. Yah, bukan hanya kandungan nutrisinya saja yang perlu diperhatikan, tetapi ada beberapa aktivitas yang bisa membahyakan janin. Pernah tidak Anda bertanya kepada dokter tentang keselamatan janin saat bepergian dengan pesawat?

Wanita hamil diperbolehkan untuk bepergian dengan pesawat asalkan tidak mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Mesin X ray yang harus Anda lewati ternyata cukup aman untuk kehamilan. Sebab, mesin tersebut hanya mendeteksi benda dari logam saja. Agar lebih aman bepergian dengan pesawat, perhatikan tips berikut ini:

  • Memastikan Tubuh dalam Keadaan Sehat

Kesehatan ibu hamil menjadi prioritas utama saat Anda memakai pesawat sebagai alat transportasi untuk urusan kerja kali ini. Hal ini dikarenakan kondisi wanita hamil akan mempengaruhi keadaan janin. Tubuh yang lemah akan memberikan efek pada kesehatan janin dan meningkatkan risiko keguguran di usia hamil muda ini.

  • Mempersiapkan Vitamin

Travelling dengan pesawat memang menjadi cara ampuh untuk mengurangi kelelahan akibat perjalanan jauh. Namun, jangan lupa untuk menyediakan vitamin untuk menjaga stamina tubuh sehingga tidak gampang kecapekan. Mintalah resep dokter untuk memilih vitamin yang aman dikonsumsi ibu hamil ya.

  • Memilih Pakaian yang Nyaman

Pemilihan busana hamil saat bepergian merupakan salah prioritas penting yang harus diperhatikan ya. Sebab, kenyamanan baju yang dikenakan akan membuat tubuh semakin rileks dan menikmati perjalanan meskipun perjalanan tidak memakan waktu lama. Sebaiknya, pilih baju longgar dan bahannya menyerap keringat ya Bu.

  • Mengetahui Usia Kandungan yang Aman saat Menggunakan Pesawat

Ibu hamil bisa naik pesawat dengan aman sampai usia kandungan memasuki 32-34 minggu. Namun, saat usia lebih tua dari batas minggu tersebut, Anda memiliki risiko yang cukup besar. Misalnya saja kemungkinan terjadinya kelahiran prematur bahkan berisiko terjadi kelahiran di pesawat. Pihak maskapai pun biasanya melarang Anda untuk mengikuti penerbangan.

Jika Anda memaksa, biasanya mereka akan meminta tanda tangan surat yang berisi tentang risiko penerbangan. Anda juga diminta untuk melampirkan surat izin dari dokter yang menginformasikan kondisi kehamilan saat itu.

Nah, usahakan jangan bepergian sendiri ya. Ajaklah suami atau kerabat Anda untuk menemani saat bepergian jauh meskipun menggunakan pesawat. Ingat, kondisi hamil muda memiliki risiko untuk keguguran lho. Jaga keamanan janin ya.

 

author
No Response

Leave a reply "4 Tips Aman Naik Pesawat saat Hamil"