4 Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda

No comment 1234 views

hamil muda

Apakah Anda mengalami kecemasan saat hamil muda ini? Masa kehamilan terutama pada trisemester I ini masih rentan dengan keguguran. Oleh karena itu, banyak wanita yang merasa cemas dengan risiko keguguran pada saat hamil muda.

Keguguran ini bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya gaya hidup hingga stres yang dialami ibu hamil. Umumnya, tekanan pekerjaan menjadi faktor utama timbulnya stress saat hamil. Untuk mencegah risiko keguguran, dokter memberikan  obat penguat kandungan demi menjaga janin pada bulan-bulan awal ini. Berikut ini tips menjaga awal kehamilan Anda:

  • Menghindari Makanan yang Mengandung Keju

Makanan turunan susu ini ternyata tidak boleh terlalu sering dikonsumsi saat awal hamil karena berpotensi terkontaminasi bakteri listeria. Bakteri ini banyak ditemukan di tanah, air, tanaman mati dan kotoran hewan. Namun, bakteri ini merupakan organisme yang paling mudah masuk ke dalam makanan. Lantas apa bahayanya jika masuk dalam makanan ibu hamil? Anda perlu tahu, jika bakteri ini bisa memicu terjadinya keguguran. Diam-diam, bakteri ini merusak sel-sel janin yang seharusnya berkembang khusus di awal kehamilan.

  • Menghindari Perjalanan yang Melelahkan

Ibu hamil memang harus mewaspadai hal-hal yang bisa memicu keguguran. Kelelahan merupakan salah satu penyebab yang akan memicu risiko yang tidak diinginkan tersebut. Awal kehamilan, kondisi janin masih lemah sehingga Anda perlu berhati-hati jika melewati jalan rusak. Perekatan janin pada dinding rahim di bulan awal ini belum terlalu kuat sehingga mudah terjadi keguguran.

  • Jauhi Makanan Berpengawet

Banyak kudapan berpengawet yang sangat menggoda lidah Anda kan? Eits, ibu hamil muda harus menghindari kudapan tersebut karena akan mengganggu pencernaan. Apabila kondisi Anda kurang stabil dan pencernaan mengalami masalah maka dikhawatirkan akan mengganggu asupan gizi janin. Selain itu, zat pengawet diduga dapat mengganggu pertumbuhan saraf otak janin. Padahal, di masa kehamilan ini pertumbuhan paling pesat adalah otak. sebaiknya, Anda menghindari makanan dalam kemasan misalnya kornet, sosis, dan nugget.

  • Hindari Kafein Berlebih

Mungkin hal ini sangat sulit bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi kopi setiap hari. Namun, selama hamil sebaiknya Anda menghindari minuman pencegah kantuk ini dan menggantinya dengan jus buah segar. Kopi dengan dosis kafein tinggi dapat mempengaruhi berat badan rendah, keguguran, dan mempengaruhi penyerapan zat besi.

Beberapa cara inilah yang mampu mengurangi risiko keguguran saat Anda hamil muda. Rutinlah untuk memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui perkembangan janin dan mendeteksi dini kelainan yang mungkin terjadi. Ayo Bu, lakukan yang terbaik untuk menjaga kehamilan ya!

author
No Response

Leave a reply "4 Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda"