4 Tips Pola Makan Sehat Dimasa Kehamilan Yang Wajib Diketahui!

gambar40

pola makan sehat saat hamil – Bagi wanita hamil asupan protein, vitamin dan mieral harus dipenuhi dengan baik. Masa kehamilan merupakan masa yang tepat untuk ibu mulai mengubah pola makannya menjadi baik selain itu harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Berikut adalah pola makan sehat saat hamil  dan juga fakta seputar wanita hamil yang wajib diketahui :

Fakta dan pola makan sehat wanita hamil

  • Fakta penting untuk ibu hamil

– Ibu hamil diwajibkan untuk mengatur pola makan yang sehat bukan porsinya yang lebih banyak

– Penuhi menu makanan sehat agar ibu hamil mendapatkan semua manfaat baik dari kandungan nutrisi ataupun gizi makanan

– Pada trimester pertama wanita hamil memerlukan 180 kilo kalori lebih banyak setiap harinya

– Dan jika masa kehamilan memasuki trimester kedua ibu hamil memerlukan asupan kalori tambahan sekitar 300 kilo kalori perharinya

– Apabila memasuki kehamilan trimester ketiga terakhir wanita hamil juga sama hari mengkonsumsi kalori sebanyak 300 kilo perharinya sama saat kehamilannya memasuki trimester kedua

  • Pola makan untuk ibu hami

1. Hindari kafein

Menghindari atau menjauhi semua dampek negatif dari minuman yang mengandung alkohol maupun kafein dapat menghindari resiko gangguan pada pertumbuhan janin dan adapt mengurangi resiko keguguran. Pada masa kehamilan wanita hamil sanga disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang terlalu banyak mengandung kafein seperti kopi, teh, dan juga soft drink. Mengkonsumsi lebih dari dua gelas kopi dalam sehari dapat mengganggu perkembangan janin yang ada didalam kandungan.

Selain itu, meminum minuman yang mengandung alkohol dimasa kehamilan dapat meningkatkan resiko cacat fisik, keterbelakangan mental, dan masalah emosional pada bayi. Alkohol juga dapat meningkatakan resiko keguguran pada ibu hamil.

2. Konsumsi suplemen dimasa kehamilan

Pada dasarnya ibu hamil mendapatkan kebutuhan nutrisi saat hamil yang dibutuhkan oleh tubuh melalui asupan makanan sehari – harinya. Suplemen vitamin dan mineral yang baik akan membantu ibu hamil untuk mendapatkan semua nutrisi yang butuhkan oleh tubuh. Selain suplemen ibu juga bisa mengkonsumsi susu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Bagi wanita hamil pastikan bahwa suplemen vitamin yang dikonsumsinya mengandung asam folat.

3. Hindari diet saat hamil

Diet saat hamil sangat berbahaya baik bagi ibu hamil maupun janin yang dikandungnya. Penurunan berat badan pada ibu hamil akan sangat berpengaruh pada kekurangan jumlah kalori, zat besi, asam folat, vitamin dan mineral.

4. Menaikkan berat badan ketika hamil

Pada masa kehamilan, sebaiknya wanita hamil menaikkan berat badannya secara bertahap disetiap trimester kehamilannya. Menaikkan berat badan yang sehat harus melebihi berat badanyya sebelum hamil. Kenaikkan bera badan ibu hamil setidaknya dalam pantauan doket kandungan.

Nah, itulah beberapa pola makan sehat saat hamil yang wajib diketahui. Jagalah selalu kesehatan dan perkembangan janin yang anda kandung agar tetap sehat dan bertumbuh dengan baik. Semoga bermnfaat ya bunda. Baca juga yuk tentang Ini Dia Tips Berpuasa Yang Tepat Bagi Ibu Hamil!

author
No Response

Leave a reply "4 Tips Pola Makan Sehat Dimasa Kehamilan Yang Wajib Diketahui!"